Suasana Tarawih di Masjid Al Hikmah Surobayan

Masjid Al-Hikmah Dusun Surobayan RT 04, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul

Suasana Tarawih di Masjid Al Hikmah Surobayan ya salah satau dari sekian banyak Masjid di Sedayu. Masjid Surobayan ini. Masjid Al-Hikmah Dusun Surobayan RT 04, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul. Menurut data Simas Kemenag, Masjid Al-Hikmah Dusun Surobayan didirikan pada tahun 1977.

Masjid didirikan pada tanah Wakaf seluas 2.139 m2 dengan luas Bangunan 396 m2 dengan daya Tampung Jamaah 150 di dalam masjid. Pada Masa Pademi ini data tampung dalam masjid tidak di maksimalkan, jamaah diatur supaya ada jaga jarak dan tetap menggunakan masker. Dalam ceramah di hari pertama disampaikan masjid yang ber AC ini, AC sengaja tidak dihidupkan sesuai saran dari pihak Puskemas dan satgas covid setempat.

Jendela dibuka semua dan jamaah wajib pakai masker, jika lupa membawa masker Takmir masjid menyediakan masker gratis untuk jamaah. Di Masjid dan luar Masjid juga terlihat Petugas Security di Masjid di Masjid Al Hikmah ini ada beberapa petugas keamanan Masjid yg di dalam dan luar masjid. Salah satu tugasnya menjaga keamanan dan mengawal pelaksanaan Protokol kesehatan (Covid19) saat pelaksanaan ibadah sholat. Termasuk melakukan cek suhu jemaah yang akan masuk ke Masjid ini.

Sempat terlihat tadi mengingatkan peserta untuk mengenakan masker, jika lupa tidak bawa Takmir Masjid menyedikan Masker gratis. Sholat taraweh jamaah laki-laki di dalam masjid sementara jamaah wanita di teras dan samping Masjid ini. Taraweh dilaksanakan setelah sholat isyak kemudian Kultum (ceramah singkat) dengan penceramah yang telah terjadwal. Jumlah rakaat disini Taraweh sebanyak 4 rakaat dialkuakn 2 kali sholat dan Sholat witir 3 rakaat, total ada 11 rakaat.

Dari pantauan sedayu.net Masjid-Masjid di Sedayu melaksannakan Sholat taraweh seperti biasa, hanya saja pelaksanaan tetap menggunakan protokol kesehatan. Atusias warga beribadah sholat jamaah di Masjid juga cukup tinggi meskipun dalam masa pandemi seperti ini.

 674 total views,  2 views today

Sedayu Net
Author: Sedayu Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *