KKN UMBY, BPBD beri Edukasi, Bagaimana pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19?

Bagaimana pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19

Bareng BPBD DIY, Mahasiswa KKN UMBY adakan Pelatihan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19. Edukasi ini di berikan atas dasar keprihatinan juga salah satu upaya untuk beradaptasi dengan kondisi Covid-19 yang masih banyak kasus di sekitar kita.

Bahrozi sebagai Ketua satgas covid-19 Dusun Klajuran, Godean, Sleman menyampaikan “Selain untuk menjadikan dusun yang tanggap bencana, kami (di Dusun Klajuran -red) juga mengangkat issue masyarakat. Isuue ini mengenai empati yang kurang terbentuk karena sibuk dengan diri sendiri yang merasa harus aman dan ketakutan untuk menolong sesama”.

Protokol Pemakaman Jenazah Covid

Seringkali terjadi di dusun Klajuran ada beberapa warga yang meninggal karena terpapar covid-19 hampir selalu tidak mendapatkan pemakaman yang seharusnya mengikuti protokol pemakaman jenazah covid, ungkap Bahrozi kepada Tim KKN UMBY saat di Lokasi KKN.

Karena itu, tim KKN PPM kelompok 05 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang diketuai oleh Diana Swy Hasnika mahasiswa Program Studi Psikologi UMBY berinisiatif membantu sebagai salah satu Program KKN. Kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (BPBD DIY), Mahasiswa KKN membantu untuk bisa mewujudkan harapan tersebut dengan mengadakan pelatihan pamulasaran dan peakaman jenazah covid-19.

Penanganan Jenazah infeksius atau Covid-19 harus memiliki perlakuakn khusus dan protokol agar tidak terjadi penularan. Terlebih saat pandemi Covid-19, dikhawatirkan ada warga yang secara langsung melakukan pemulasaran jenazah yang tidak diketahui ternyata jenazah tersebut terpapar sakit yang ifeksius. Pemulasaran Jenazah tersebut sesuai SOP dan protokol kesehatan yaitu seperti pemulasaran jenazah penyakit menular, pemulasaran Jenazah Covid-19 dan pemulasaran jenazah infeksius.

Edukasi di Padukuhan Kelajuran, Godean

Kegiatan Edukasi ini telah dilaksanakan pada 21 Agustus 2021 di Balai Padukuhan Kelajuran RT.02 / RW. 06 Kapanewon, Godean, Sleman, DIY. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. KKN UMBY bersama BPBD DIY adakan eduaksi dan pelatihan pemulasaran dan pemakaman Jenazah Infeksius bagi relawan dan perwakilan masyarakat.

KKN, BPBD beri Edukasi di Padukuhan Kelajuran, Godean

Menurut Ketua pelaksana kegiatan ini Sdri. Wahyuni, Edukasi ini berupa teori dan juga praktek pemakaian APD (Alat perlindungan Diri) pemulasaran hingga proses dan cara pemakaman Jenazah. Tim BPBD DIY menurunkan Tim yang lengkap sebagai narasumber yaitu: Ilham Yoga Pratama, M Syafiq Abdan Syakuri dan Kusnian Nur Fadli.

Bagaimana pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19?

Sebagai informasi tambahan, Kemenkes telah mengeluarkan KMK No. HK.01.07/MENKES/4834/2021 tanggal 12 Juli 2021 tentang Protokol Penatalaksanaan Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) digunakan sebagai acuan bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, fasilitas pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, pemangku kepentingan, dan masyarakat dalam pelaksanaan pemulasaraan dan pemakaman jenazah COVID-19.

Loading

Leave Your Comment