Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api: Truk Molen Tertemper Kereta Taksaka

Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api Truk Molen Tertemper Kereta Taksaka

Kecelakaan lalu lintas terjadi di perlintasan palang pintu kereta api Gubug, Argosari, Sedayu, Bantul, pada Rabu (25/9/2024) pukul 03.45 WIB, melibatkan sebuah truk molen. Diduga, pengemudi truk tersebut menerobos palang pintu yang sudah ditutup.

Menurut Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden ini. Namun, kerugian materiil ditaksir akibat kerusakan pada beberapa fasilitas. “Kerusakan termasuk pos jaga palang pintu dan peralatannya, truk molen, serta lokomotif KA Taksaka,” jelasnya.

Truk molen dengan nomor polisi B 9240 JIQ, yang dikemudikan Suhatman dari Purworejo, Jawa Tengah, melaju dari utara ke selatan. Saat itu, KA Taksaka yang beroperasi dari Stasiun Gambir menuju Yogyakarta melintas dari arah barat ke timur. Penjaga palang pintu, Choirul Anam, telah menutup perlintasan setelah menerima sinyal bahwa kereta akan melintas.

Kondisi truk molen Ringksek Parak

Meskipun lampu isyarat bahaya telah dinyalakan, truk molen tetap melaju dan menabrak palang yang tertutup. Insiden ini juga menyebabkan kerusakan pada sepeda motor milik Anam dan pos jaga yang roboh akibat benturan.

Tim dari kereta api segera membersihkan puing-puing dan memastikan jalur rel ganda dapat dilalui kembali. KA Taksaka melanjutkan perjalanannya menuju Jogja sekitar pukul 07.30 WIB, sementara truk molen dievakuasi oleh Unit Derek Bantul pada pukul 09.00 WIB.

Loading

Leave Your Comment