Pembukaan Kemah Kebangsaan 2017 di Sedayu

Kemah Kebangsaan 2017 kali ini dilaksanakan di Wisata Karst Tubing Surobayan Desa Argomulyo Sedayu Bantul, pada 23 September 2017 berlangsung acara Upacara Pembukaan Kemah Kebangsaan 2017 yang diselenggarakan oleh Karang Taruna DIY dengan tema “Pemuda Istimewa Menatap Jogja”.

Acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY, Wakil Bupati Bantul, Forum Komunikasi DIY, Mitra Dinas DIY, Ketua NPKT DIY, Ketua Karang Taruna DIY, OPD Kabupaten Bantul, Muspika Sedayu, Kepala Sekolah SMA dan SMK Sedayu, Peserta Kemah dan warga masyarakat sekitar juga memeriahkan acara ini.

Kemah kebangsaan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 23-24 September 2017 dengan peserta berjumlah 250 yang terdiri dari Karang Taruna se-Daerah Istimewa Yogyakarta, SMA, SMK dan SMP Sedayu Bantul, dan perwakilan Pramuka daerah Bantul. Selama 2 hari peserta akan melakukan kegiatan diantaranya dialog kebangsaan, pentas budaya, dialog kepemudaan serta bedah rumah tidak layak huni.

Acara diawali oleh laporan penyelenggara ketua Karang Taruna DIY, GKR Condrokirono yang dalam laporannya mengatakan kegiatan kemah kebangsaan merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh karang taruna DIY dengan difasilitasi oleh Dinas Sosial DIY sebagai upaya untuk meneguhkan semangat kebangsaan, persatuan serta keperdulian sosial dikalangan generasi muda.

“Tema kemah kebangsaan 2017 ini merumuskan sebagai bentuk nyata kesiapan anak muda Jogja untuk 5 tahun yang akan datang terutama berkaitan dengan visi dan misi DIY yaitu menyongsong abad samudra hindia untuk kemuliaan martabat masyarakat Jogja. Melalui tema ini, kita berharap setiap pemuda Jogja dapat memenuhi tentang apa yang akan terjadi di Jogja dimasa mendatang dan apa yang perlu dipersiapkan untuk menyambut Jogja dimasa yang akan datang.” Tambahnya.

Sementara itu sambutan Bupati Bantul yang pada acara ini dibacakan oleh Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih mengatakan atas nama pemerintahan Kabupaten Bantul turut bersyukur dan berbangga atas terselenggaranya kemah kebangsaan 2017 yang dilaksanakan di Kecamatan Sedayu teriring harapan mudah-mudahan karang taruna DIY kedepan akan semakin dapat meningkatkan kapasitasnya untuk bersama-sama membangun DIY.

“Kami juga mengajak kepada adik-adik karang taruna DIY untuk terus aktif bersama-sama pemerintah membangun daerah kita menjadi daerah yang maju, yang berkeadilan dan mensejahterakan. Tentu saja peran serta para pemuda sangatlah penting karena pemuda memiliki komitmen yang tinggi, tenaga dan pemikiran yang relatif lebih segar dibanding yang tua-tua sehingga kehadiran dan partisipasi para pemuda ini sungguh sangat kita nantikan.” Tambah Wakil Bupati.

Disisi lain Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X dalam sambutannya mengatakan kegiatan kemah kebangsaan ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk menggali lebih dalam tentang visi dan misi DIY 5 tahun kedepan. Hal ini sangat penting karena generasi muda sebagai bagian terbesar masyarakat DIY mempunyai posisi strategis dalam mewujudkan visi dan misi tersebut.

Kegiatan Malam (Foto via FB : fb.com/Andro.t.moko

 

Adapun visi dan misi DIY yang akan disampaikan adalah monyongsong abad samudra hindia. Visi dan misi tersebut dilandasi atas beberapa latar belakang pemikiran, salah satunya adalah asosiasi negara-negara pesisir samudra hindia yang digagas Nelson Mandela. Asosiasi itu memiliki anggota dari negara yang memiliki pantai yang disentuh dan disatukan oleh samudra hindia. Asosiai ini telah membuat kesepakatan kerjasama di bidang perikanan, energi kelautan, pelabuhan, pelayaran dan lain sebagainya. Tambahnya. (ny).

Sumber : https://www.bantulkab.go.id/berita/3250.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *