Mercu Buana Yogyakarta genap berumur 31 Tahun

Tanggal 1 Oktober 2017 kemarin, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) genap berusia 31 tahun. Sejarah panjang dan pasang surut, mewarnai keberadaan kampus biru UMBY di Argomulyo Sedayu. Nama UMBY sebeliknya Unwama sempat terpuruk dan mengalami kondisi sulit hingga hanya memiliki 400-an mahasiswa, namun bisa bangkit kembali.
Saat ini (2017) UMBY memiliki lebih dari 7ribu mahasiswa dengan jumlah pengajar/dosen lebih dari 150 tenaga pendidik. Wakil Rektor I UMBY Dr Ir Wisnu Adi Yulianto MP mengatakan hal itu kepada Radar Jogja dalam kesempatan tasyakuran dies natalis UMBY di ruang seminar Gedung Rektorat Kampus 1 Jalan Wates Km 10 Jogjakarta, Jumat (29/9) lalu.
Pak Wisnu, panggilan akrabnya, mengakui, pada 2009, UMBY sempat mengalami keterpurukan dengan jumlah mahsiswa yang tinggal 400 orang. Meski demikian, kondisi itu tak membuat jajaran UMBY, mulai dari para pimpinan universitas dan fakultas, pengurus yayasan, para dosen, dan tenaga kependidikan lainnya patah arang. “Pernah terpuruk dan nyaris tiarap. Tapi kami tetap berusaha keras untuk bertahan, hingga bisa bangkit,” katanya.
Terjun bebasnya jumlah mahasiswa itu, diakui sebagai dampak jatuhnya Presiden Soeharto dan juga krisis moneter waktu itu. Ini ada kaitannya karena nama Universitasa Mercu Buana Yogyakarta merupakan perubahan nama dari UNWAMA (Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta). Menurutnya, UMBY patut bersyukur, di mana di usia 31 tahun ini, menunjukkan eksistensi yang membanggakan. “Alhamdulillah, akhirnya mampu bangkit. Yang membuat kami lebih bangga, pada tahun ajaran baru ini kami dipercaya untuk mendidik lebih dari 2.700 mahasiswa baru,” ujarnya bangga.


Sementara itu, untuk menandai dies natalis ke-31 ini, umat (29/9) lalu, digelar tasyakuran dengan pemotongan tumpeng, berdoa dan makan bersama. Tasyakuran juga diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi lebih dari 25 tahun di UMBY.
Via Radar Jogja dan Humas UMBY.

POTONG TUMPENG. Tasyakuran dies natalis UMBY di ruang
seminar Gedung Rektorat Kampus 1 Jalan Wates Km 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *