Merti Kali Kontheng I 2017 Argodadi Sedayu

Merti Kali Kontheng, 10 Desesember 2017 diselenggarakan dalam upaya melanggengkan harmoni antara manusia, air, dan ekosistem perairan umum. Termasuk sumberdaya perikanan di dalamnya. Hamemayu Hayuning Bawana (Menjaga kelestarian alam semesta), Hamemetri Budaya Adiluhung (dengan jalan meneruskan budaya luhur).

Acara Merti Kali Konteng di Argodadi. Minggu (10/12/17) dalam rangka menghadapi persiapan pembangunan wisata jalur Destinasi Pangeran Diponegoro Wisata Air Kawasan Tempuran Kali Kontheng, warga Sungapan mengadakan acara Merti Kali Kontheng. Dalam memeriahkan acara tersebut diadakan kirab tumpeng, tebar 1000 benih ikan, pentas jathilan dan gejog lesung.

Ribuan bibit ikan ditabur bersamaan dengan kegiatan Merti Kali Kontheng, Dusun Sungapan, Desa Argodadi, Minggu (10/12/2017). Tabur ikan secara simbolis dilakukan oleh Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin,Panit I Bhinmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja SH, Danramil Kapten (Inf) Kusmin, Lurah Prayitno SE, Dukuh Fuady dan disaksikan ribuan warga setempat.

“Kegiatan tabur ikan ini dimaksudkan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan habitat di Kali Kontheng,”kata Camat Fauzan. Bahkan pihaknya sudah mengeluarkan surat berisi himbauan kepada pengantin yang menikah untuk bisa menabur ikan di sungai manapun di sekitar tempat tinggalnya. Hingga kini tercatat sudah ada 9 pasang pengantin yang menabur ikan sejak dikeluarkan surat himbauan sebulan silam.

Dukuh Sungapan, Fuady mengatakan kegiatan ini baru pertama kali digelar. Kegiatan dimaksudkan sebagai pengingat untuk menjaga lingkungan, termasuk Kali Kontheng yang melintas di pedukuhan Sungapan.

Foto via FB : Nt Raharja Mentayudha

71 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *