Desa Wisata Gamplong

Gamplong adalah suatu tempat yang terletak di sebelah barat Kota Jogja Yogyakarta tidak jauh dari kecamatan Sedayu.  Sekitar 4 km ke arab barat. Gamplong adalah sebuah kampung jawa yang menyerupai sebuah pulau ditengah hamparan pematang yang alami. Gamplong sangat strategis dan special bila ditinjau dari letak geografis karena diapit 3 Kabupaten, yaitu sebelah barat Kab. Kulon Progo. Sebelah Selatan Kab. Bantul. dan tidak jauh lagi sebelah utara Kab.Magelang.

Tidak hanya secara geografis saja namun juga secara Panorama Alam, Potensi Daerah, Pesona Wisata dan masih banyak lagi. Gamplong terdapat berbagai hal yang sangat menjanjikan seperti: Sentra Industri Tenun dan Kerajinan Tangan, Kelompok Ternak(Ayam Potong, Ayam Petelur, Ayam Kampung, Burung Puyuh Petelur, Bebek, Kelinci, Kambing, Sapi), Kelompok Petani (Ladang maupun Sawah), Peternak Ikan.

Walaupun mayoritas penduduknya berprofesi sebagai wiraswasta namun hal itu mampu mengangkat popularitas Gamplong hingga ke Mancanegara. Tentu juga hal tersebut bukan semata karena para wiraswasta saja, para pemerintah desa, maupun warga lainnya yang berprofesi sebagai PNS, POLRI, TNI, SWASTA maupun Pejabat.

Oleh karena itu telah meresmikan Gamplong sebagai Desa Cindera mata dan Desa wisata dengan nuansa pedesaan yang memiliki SDM yang siap tanding dan berjiwa modern. Gamplong Island terbuka umum untuk segala kalangan, baik masyarakat sekitar, nasional, maupun manca negara, juga terbuka untu kalangan pelajar dan mahasiswa.

  • Home Industry :  Kerajinan Tenun, Kerajinan Tangan, Souvenir,dan Tas.
  • Natural Potential :  Material bangunan, Tambang Pasir dan Batu, Ladang, Sawah, dan Perkebunan.
  • Home Product : Jamur Tiram, Telur Ayam, Telur Puyuh, Telur Bebek, Daging Ayam (Potong/Kampung), Pemancingan, Kelinci, Kambing, Sapi, Mebel, Rental Mobil/Truk, Persewaan Sound System, Panggung Rigging, Tenda Tratak maupun tenda kerucut (sarnavil).
  • Natural Tourism : Bumi Perkemahan Cemplon, Wisata Pantai Cemplon, Wisata Jembatan MBeling,Pematang Ngebrak, Pesona Surup Lawang, dan Pesona Progo.

Sumber : fb.com/gamplongisland

One Comment on “Desa Wisata Gamplong”

  1. I have noticed you don’t monetize your website, don’t waste your traffic, you can earn extra bucks every month because you’ve got high quality content.
    If you want to know how to make extra bucks, search for: Ercannou’s essential adsense alternative

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *