Dibuka Pertama, Pemohon KIA di Argosari KIA capai 800

Haris Selasa (13/3/2018)  jam 09:00 Kantor Desa Argosari sudah dipadati warga masyarakat yang sudah antri dari beberapa dusun di Argosari. Sesuai instruksi atau undangan dari Pemerintah Desa Argosari bahwa pada hari itu warga masyarakat atau orang tua dari anak agar bisa datang ke Balai Desa untuk mengikuti proses cetak atau pembuatan Kartu Identitas Anak ( KIA ). Antusias masyarakat sangat luar biasa dengan program pembuatan KIA kolektif jemput bola ini. Karena masyarakat tidak harus datang ke Dinas Dukcapil untuk membuat KIA anaknya.

Sebelumya mereka memang sudah mengumpulkan berkas pendaftaran pembuatan KIA secara kolektif. Program ini diadakan oleh Pemdes Argosari kerjasama dengan Karang Taruna Desa Argosari “Taruna Sari” dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantul. Sejak dibuka pendaftaran sampai saat ini jumlah pemohon untuk pembuatan KIA mencapai lebih dari 800 lebih.

Setelah permohonan Pemdes Desa Argosari agar Dinas terkait untuk jemput bola, maka dari itu tanggal 13 kemarin adalah gelombang ke 1. Karena untuk proses cetak dalam sehari hanya ada kuota kurang lebih 150 keping KIA.  Meskipun masih jauh dari jumlah yang mendaftar, namun program ini menjadi solusi supaya anak-anak di Desa Argosari sudah bisa memiliki KIA sebelum mereka memiliki KTP. KIA ini adalah untuk anak usia 0 tahun sampai 17 tahun. Dan pada kesempatan itu petugas dari Disdukcapil beliau Bapak Agus Wardaya memberikan sambutan dan informasi kepada warga masyarakat tentang kegunaan KIA. Dibantu 3 orang petugas dalam proses cetak.

Secara simbolis serah terima untuk 10 KIA cetakan pertama diserahkan langsung oleh Bapak Lurah Desa Argosari Drs Hidayaturachman kepada orang tua anak. Pesan dari Bapak Lurah, karena pemohon di Argosari cukup banyak dan belum bisa selesai dalam sehari, yang saat ini belum terdaftar atau belum masuk daftar cetak supaya masyarakat bersabar untuk menunggu gelombang berikutnya.

Pada kesempatan ini Bapak Camat Sedayu Drs Fauzan Mu’arifin juga turut memantau jalannya proses cetak KIA jemput bola di Argosari ini. Didampingi Danramil Sedayu Kapten (Inf) Kusmin, Panit 1 Polsek Sedayu, Iptu Agus Supraja SH dan jajaranya beliau juga turut menyerahkan langsung KIA jadi kepada orang tua si anak. Proses kali ini berjalan dengan lancar, sekitar jam 12 sudah selesai tidak ada kendala apapun.

Semoga kegiatan kolektif KIA ini bisa diterima dan bermanfaat bagi masyarakat di Sedayu khususnya Desa Argosari. Jika dalam melayani, menanggapi, penyediaan tempat, atau yang lainnya ada kekurangan dan tidak berkenan, Pemdes dan Karang Taruna Desa Argosari selaku penyelenggara mohon maaf semoga kedepan atau gelombang berikutnya bisa lebih baik lagi. “Argosari Adem Mapan Setara”

Narasi : adm.skr (web Argosari), Foto : FB Hirosuki Rantoshi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *