Wisata Alam – Praon Cawan Sedayu

Wisata alam (air) baru belum lama ini dibuka di wilayah Sedayu di akhir 2018 ini. Wisata ini berupa bermain Prahu dan Kuliner di Praon Cawan Argodadi, Sedayu, Bantul. Menurut Fauzan (Camat Sedayu) Wisata ini buka setiap hari.

Juni 2019 Praon Cawan tambah asik karena sudah di lengkapi dengan Kano.

wahana baru berupa kano di praon cawan

Wisata ini juga asik jelajah sungai dengan prahu dan menikmati keindahan pesisir sungai progo. Praon Cawan (bahasa jawa) dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti bermain perahui di daerah Cawan. Rintisan wisata cawan sudah dirintis sejak pertengahan tahun 2018 dan dibuka pada akhir Oktober 2018. Pengujung juga bisa menikmati kuliner khas nDeso diatas prahu Cawan.

Foto : FB Arpiyan Basuki

Sekitar wilayah Cawan, Pemandanganya alam bagus dan hijau. Menurut Pak Fauzan, dengan tiga sungai yang dimiliki yaitu Kali Kontheng, Kali Kalakan dan Kali Progo, sampai saat ini (12/2018) Kecamatan Sedayu memiliki 6 titik wisata air: Polaman rivers tubing, Tubing sobo ndeso Gayam, Tubing Sunan Kali Kontheng Selogedong, Tempuran Sungapan, Wisata girli Cawan dan wisata praon Cawan.

Risdi Yanto, Nambah pengalaman naik prau getek. Menurut Lingga, Spot Cawan ini merupakan sebuah situs yang cukup vital dan bersejarah, dulu masyarakat telah turun-temurun menggunakan rakit sebagai moda penyeberangan yang menghubungkan Kabupaten Bantul dan Kulonprogo. Semoga ke depan bisa menjadi spot wisata yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Guna peningkatan keamanan dan keselamatan, pengelola terus berbenah juga sudah mempersiapkan alat pengaman seperti pelampung. Dikutip dari FB, menurut Ahmad salah satu pengelola “Soal safety (keselamatan) jelas kami utamakan Mas/mbak sedoyo, Tanpa ada safety kami juga gak berani membawa Perahu ketenggah koq”.

Bantuan Pelampung dari SPBU Candi Mas disampaikan oleh Pak Camat Sedayu

Dikutip dari Laskar Srikandi Sedayu, bantuan pelampung (17/12/2018) juga datang dari berbagai pihak seperti dari Pak Dedy SPBU Candi Mas Jl Wates km 11. Kegiatan lain beberapa hari lalu juga dilakukan Pembuatan video klip lagu Argodadi di Praon Cawan, Video klik tentang cawan Argodadi ini diharapkan bisa segara di release dalam waktu tidak lama lagi.

594 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *