Gebyar LANSIA dan BUMOR (Rabu Morning) Sedayu

GEBYAR LANSIA DAN BUMOR 1 MEI 2019 dalam rangkan Peringatan Hari Lanjut usia (Lansia) Nasional tahun 2019 bertepatan juga dengan hari Libur (Hari Buruh). Rangkaian acara pada hari Rabu pagi (1/5/19) dmulai pukul 06.00 WIB, dilaksanakan kegiatan Gebyar Lansia dan Rabu Morning (BuMor) di Komplek Universitas Mercu Buana Yogyakarat, Jl Wates KM 10 Argomulyo Sedayu Bantul.

Kegiatan dilaksanakan kerjasama oleh Muspika Sedayu, Puskesmas Sedayu I dan II, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, serta Komda Lansia Sedayu. Kegiatan ini juga didukung oleh Karangtaruna Yodha Argomulyo dan Karangtaruna Kusuma Bhakti Argorejo, Karangtaruna Argosari serta GERMAS Sedayu seperti disampaikan Camat Sedayu Fauzan Mu’arifin (Pak e Thole).

Secara umum kegiatan meliputi Senam untuk umum serta deklarasi GERMAS diikuti kisaran 250 peserta. Cek tensi gratis untuk umum dan Screening Lansia khusus Argosari dan Argomulyo disediakan kuota 100 orang. Cek Lab gratis untuk 50 orang untk usia dibawah 59 tahun. Cek lab untuk 50 orang meliputi kolesterol, asam urat dan gula darah. Satu orang satu macam pengecekan.

Acara ini juga dimeriahkan dengan Pembagian doorprice untuk umum dan khusus lansia, layanan konsultasi IUMK, ijin usaha mikro kecil, Pameran produk UMKM Kec Sedayu ada sekitar 40 stand. Kegiatan juga akan dihibur oleh elekton LINTANG REMBULAN dari Yogyakarta.

Acara hari ini juga sebagai ajang Deklarasi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) seperti yang disampaikan Kepala Puskesmas Sedayu I : dr.Sistia Utami. Germas Sedayu meliputi :

  1. Periksa kesehatan (Cek Tensi)
  2. (Rutin melakukan) Aktivitas fisik
  3. Cuci tangan pakai sabun
  4. Mengkonsumsi Air Putih
  5. Makan buah dan sayur
  6. Kelola Sampah Organik dan anorganik (Taruh Sampah di tempat sampah)

Disampaikan juga oleh dr. Sistia Utami Sekaligus memperkenalkan tag-tag cantik dan jelita yang mudah diingat keluarga #TanteSosialita :

  1. Om MARSEKAL : Masyarakat Sedayu Kelola Lingkungan
  2. GADIS CANTIK : Gerakan Peduli sampah cegah Ancaman Plastik. Gerakan ini bisa dimulai dengan Membawa Tas belanja sendiri, membawa tempat makan/minum yang dapat digunakan kembali serta mengurangi penggunaan sedotan.
  3. GADIS JELITA : Gerakan Edukasi Jaga dan Peduli Sampah Rumah Tangga (pemanfaatan Sampah organik Rumah Tangga menjadi Kompos)

Senam lansia ini juga merupakan bentuk kepedulian pemerintahan terhadap para lansia. Selain itu dalam acara ini juga sebagai sarana Jagoriko, ikut senam lansia dan juga bisa jual /beli bagi nglarisi tonggo.

Lansia tetap sehat dan Eksis 🙂

Beberapa komentar nteizen yang kami himpun dari WSO. Ernul : Mbah.e exsis bu. Gek ya arep tak terke esuk mau wegah milih ngepit ontel bu (Tadi pagi mau saya antar saja, tidak mau. Malah pilih naik sepeda). Ning Jamu : Pokoke semangat 45 lansia kita. Sutami : wajib di tiru & digugu, meski udah berusia lanjut tetapi tetap sehat dan mau bermasyarakat . Sehat selalu nggih Mbah .

1,365 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *