Posko Mudik dan Bankom di Jl Wates Km 9,5

Lokasi Posko Mudik dan Bankom (Bantuan Komunikasi) Pantauan Lebaran 2019 di depan SMA Dharma Amiluhur / Masjid Al Inayah di Jalan Wates km 9,5 (baratnya Green Kuantan Residence) Posko ini akan dibuka hingga 7 Juni 2019. Posko yang didirikan kerjasama Kementrian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta dan PARKIT 832. Dalam operasionalisasinya posko ini merlibatkan kerjasam : Pakrit 832, SBH Kwareda DIY, PMI DIY, Dinkes Bantul, Puskesmas Sedayu I, Koramil, Polsek, FPRB Argomulyo dan Limas, SMA Dharma Amiluhur dan Masjid Raya Al Inayah.

Posko ini dibuka pada Sabtu, 1 Juni 2019, dibuka secara seremonial Kepala BBTKL PP Yogyakarya, DR. Dr. Irene, MKM, dihadiri stakeholder, lintas sektor, lintas program terkait dan relawan-relawan serta Pramuka dan Saka Bakti Husada. Mengawali acara adalah Laporan dari Ketua Panitia, Kabid SE, Sayekti Udi Utama, SKM, M.Kes, sambutan dari Camat Sedayu, Drs. Fauzan Mu’arifin dan sambutan serta pembukaan secara resmi oleh Kepala BBTKL PP Jogjakarta.

Pada Posko Kesehatan ini disiapkan tempat beristirahat, pemeriksaan kesehatan ringan jika ada keluhan, P3K, Ruangan laktasi dan ambulans untuk merujuk. Posko ini akan siaga 24 jam. Para pemudik yg beristirahat di posko ini jl wates km.9,5 sedayu. Bisa istirahat, melakukan pengecekan kesehatan yang telah disediakan #Dukungan Dari dinas kesehatan, puskesmas Sedayu1, BBTKL dan Ditjend Kementrian Kesehatan RI. Serta para pemudik istirahat sejenak melepas lelah di Tenda Istirahat yg telah disediakan.

Dr. dr. Irene, MKM kepala (BBTKLPP) Yogyakarta Yogyakarta memberikan sambutan antara lain mengenai maksud dan tujuan Posko ini didirikan. Diharapkan keberadaan posko ini bisa membantu para pemudik yang hendak istirahat sebelum melanjutkan perjalan, sehingga kondisi kesehatan pemudik tetap terjaga dan bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat. Selain tenaga Medis / Kesehatan, juga melibatkan peran aktif Saka Bakti Husadanya pada kegiatan Posko Kesehatan tahun ini. “Rela menolong sudah menjadi kebiasaan Pramuka dari generasi ke generasi, kita juga telah memerintahkan jajaran Kwartir seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat saat mudik”

Disampaikan oleh Camat Sedayu dalam sambutannya, bahwa Jalan Wates merupakan akses utama yang rawan kecelakaan sehingga Posko 24 jam memang dibutuhkan. Serta memberikan apresiasi kepada para relawan dan tenaga kesehatan dalam kegiatan ini. Semoga selalu diniati dengan iklhas semoga jadi berkah buat kita semua. Disampaikan juga bawah di Sedayu ada juga Posko Bantuan Komunikasi (143.200 Mhz) dari RAPI lokal Sedayu di Kecamatan.

Secara Simbolis pembukaan Posko ini dilakukan dengan pengguntingan pita bersama oleh Ibu Irene dan Camat Sedayu yang menadakan Posko siap beroperasi selama arus mudik dan balik lebaran 2019 ini. Menurut Pak Wisnu Selaku koordinator Posko: “Posko ini memberikan layanan 24jam dengan 3 shift per hari. Sudah rutin berjalan sekitar 6 tahun ini. Untuk Kali ini dalam penjagaan Posko, kami juga koordinasi dan melibatkan Potensi lokal antara lain dari : FRRB Desa Argomulyo, Linmas Argomulyo. Selain itua ada Petugas kesehatan dari Puskesmas dan PMI. Untuk Bantuan Komunikasi menggunakan Frekuensi Parkit 832 di 167.825 Mhz (input 162.825 Mhz)”

Pada sore hari setelah pembukaan berkesempatan Ketua PMI DIY, Drs. H. GBPH Prabukusumo, Psi melakukan peninjauan ke Posko Kesehatan dan Bantuan Komunikasi BBTKL PP Jogjakarya. Dalam postingya di FB Galuh Sudarsono (salah satu anggota Parkit) menyampaikan : “Bersinergi Semakin banyak mitra PARKIT yg berkenan bergabung, sukses. Bersama kita bisa! Matur sembah nuwun Gusti Prabu, Sampun kerso tindak wonten pos lebaran PARKIT 832 mugi-mugi tansah pinaringan sehat…. Aamiin.” (Imam)

87 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *