Mercu Buana Yogya lakukan Inovasi pada produk “Growol”

Setelah sukses memberikan inovasi pada produk makanan lokal “Growol” di Sangon Kalirejo beberapa waktu lalu, Pakar Ilmu Pangan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Prof Dr Ch Wariyah, MP, kembali melakukan penelitian untuk terus mengembangakan kualitas produk growol sehingga semakin disukai masyarakat dan laku dipasaran.

Dijelaskan oleh Prof Wariyah, proses penelitian ini dengan cara melakukan optimasi fermentasi growol, diharapkan hasilnya growolnya memiliki kandungan Lactobacillus tinggi. Lactobacillus itu adalah bakteri penghasil asam laktat. Kandungan Lactobacillus yang tinggi belum tentu disukai masyarakat, untuk setelah difermentasi akan diuji kesukaan konsumen. “Apakah kandungan Lactobacillus yang tinggi itu konsumen mau menerima, karena kalo Lactobacillus yang tinggi rasanya agak asam maka perlu dicari komposisi yang tepat, itulah perlunya penelitian ini” tegas Prof Wariyah ditemuin di ruang Laboratorium kerjanya senin (13/3/2018).

Prof Wariyah tuturkan “Mahasiswa cukup banyak terlibat dalam penelitian ini terutama untuk menentukan jenis ketela yang cocok untuk growol itu apa, karena ketela itu kan macamnya banyak sekali”. Khusus untuk di Sangon yang dipakai dalam produksi growol adalah ketela jenis martapura ato ketan.

Lebih lanjut diharapkan akan memberikan kemanfaatan yang besar bagi masyarakat Sangon khususnya dalam bidang pengolahan growol karena produknya semakin disukai masyarakat dan laris dipasaran. Dampak berkembangnya industri growol adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan kemandirian daerah yang dapat tercapai dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. “Kedepan juga akan di teliti sampai dengan penanganan limbahnya sehingga tidak mengganggu lingkungan” tegas Prof Wariyah mengakhiri wawancara.

Loading

Leave Your Comment