Berapa Harga Ganti Rugi Tol Jogja Solo?

Berapa Harga Ganti Rugi Tol Jogja Solo? Berikut ini informasi dari berbagai sumber yang diperoleh Sedayu.net terkait Harga Ganti rugi (ganti Untung) Tol Jogja – Solo dan tol Jogja Magelang Bawen. Dilihat dari progress rencana pembebasan lahan, Tim terlihat bergerak dari Solo – Klaten dan Jogja. Berikut ini beberapa informasi yang dirangkum.

Sultan HB X sebelumnya (16/10/2020) menyampaikan harapan Pembayaran Ganti Rugi Tol Diharapkan Segera Dilakukan. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, sinkronisasi pembangunan nasional berupa Jalan Tol Yogyakarta-Solo diharapkan sesegera mungkin terrealisasi. Hal tersebut diungkapkan Sultan dalam pertemuan dengan Menteri Perencanaan Pembangunan RI, Suharso Monoarfa ke DIY pada Kamis, 15 Oktober 2020. (Youtube Tribun Jogja TV)

Patok Lahan terdampak di Monjali (Om CT Youtube)

Pemerintah Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo mengklaim ganti rugi tanah kas desa terdampak Tol Solo-Jogja rendah. Tak lebih baik dari nominal ganti rugi lahan milik warga. Total ada 19 bidang lahan kas desa setempat terdampak proyek strategis nasional (PSN) tersebut. Sebagai gambaran, nilai ganti rugi lahan (persawahan) warga terdampak tol sekitar Rp 600 ribu per meter persegi. Sedangkan tanah kas Desa Kahuman nilanya sekitar Rp 350 ribu per meter persegi.(radarsolo)

Dari info di Tribun : Kepala desa (Kades) Sidoharjo, Tri Manto, “Di sini biasanya satu meter tanah itu dihargai sekitar Rp400 ribu, kalau untuk tol dihargai sekitar Rp600 ribu. Ini kan juga sudah bisa untuk beli sawah lagi, malah untung juga, jadi masyarakat mayoritas sepakat, untuk tanah yang aset di atasnya berupa bangunan dan berada di dekat jalan kabupaten, tanahnya dihargai Rp1 juta permeternya.

Pembayaran ganti rugi pembebasan lahan untuk proyek jalan tol Yogyakarta-Solo di Klaten direncanakan mulai Desember 2020. Sementara, pembebasan lahan ditargetkan selesai Juni 2021. Dalam pembayaran dan pembebasan lahan tidak menggunakan NJOP, namun menggunakan dasar bidang per bidang. “Sekarang tidak ada NJOP tapi bidang per bidang. Dan setahu saya ganti rugi tapi selama ini tidak ada yang merugi,” ucap Wijayanto. Wijayanto adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan Tol Jogyakarta-Solo (Detik)

Dikutip dari Detik ada Warga 2 Desa di Klaten Terima Pembayaran Ganti Rugi Lahan Terdampak Tol Yogya-Solo hingga Rp2,7 M. Ini karena warga memiliki lehan yang cukup luas dan terdampak Jalan tol.

Sementara di DIY Tim appraisal (penaksir harga tanah) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) DIY mulai mencocokkan data lahan terdampak pembangunan Tol Jogja-Solo, Kamis (12/11/2020). Dua lokasi yang jadi prioritas pembayaran ganti rugi adalah Kadirojo 2 dan Temanggal 2, Kalurahan Purwomartani, Kalasan, Sleman. Pembayaran ganti rugi tol jogja . Staff Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo Galih Alfandi mengatakan di Kadirojo 2 dan Temanggal 2 ada 294 bidang yang akan dibebaskan untuk proyek Tol Jogja-Solo. “Pedukuhan tersebut yang akan diprioritaskan untuk pembayaran [ganti untung] pada Desember (semarang.bisnis.com)

Semenatara ATR/BPN Kabupaten Karanganyar telah membayarkan uang ganti rugi terhadap 15 bidang tanah milik perorangan yang terdampak pembangunan Tol Solo-Jogja. Pembayaran uang ganti rugi itu sudah dilakukan di Kantor Kecamatan Colomadu pada Kamis, 19 November 2020. (jateng.tribunnews.com)

Sementara itu juga paotok-patok Lahan terdampak Tol, sudah mulai terlihat di Jogja. Meski Pengumuman final belum diumumkan. Rencana jalan tol jogja solo yang melewati perempatan Monjali akan dibuat at grade atau ditanah. Dampak dari at grade tersebut akan menutup ring road utara di sekitar Monjali. Untuk mengganti jalur ring road utara agar tetap tersambung dan berfungsi tentu dengan pelebaran jalan baru di kanan kiri jalan tol yang dibangun at grade. Sampai saat ini patok patok yang menjadi tanda atau batas dari lokasi pelebaran sudah terpasang. (Om CT Youtube)

 475 total views,  1 views today

Sedayu Net
Author: Sedayu Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *