Pasar Sore Ramadhan Karanglo di Jalan Masuk Kampus Mercu Buana

Foto Suasana Pasar Sore Ramadan di utara kampus mercu Buana Yogyakarta (Dian Perdana Putra via FB WSO)

Sedayu – Bulan Ramadhan adalah bulan suci, bulan ini selalu dinanti oleh seluruh umat muslim dimana saja. Ramadhan yan puasa, namun tidak hanya menahan lapar namun senantiasa perlu diisi dengan ibadah. Disampin itu bulan Ramadhan jadi momen tersendiri yang sangat digemari ialah memburu takjil di pasar atau kampung ramadhan. Meski pandemi covid19 belum berlalu, momen ramadhan kali ini masih dapat dirasakan dengan adanya pasar atau kampung ramadhan ini, tidak seperti tahun lalu yang sepi.

Salah satu kegiatan yang digagas pemuda di Karanglo, memanfaatkan kampus UMBY yang relatif sepi, jalan di akses ke kampus relatif sepi, karena perkuliahan masih berjalan secara online. Ikatan Pemuda Pemudi Karanglo Sedayu, mengadakan pasar Ramadhan di kompleks kampus 1 Sedayu, dengan menyediakan aneka ragam makanan dan minuman. Pasar Sore Ramadhan menjadi event besar pertama yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Pemudi Karanglo, bahkan akan menjadi event tahunan setiap bulan ramadhan.

Foto Suasana Pasar Sore Ramadan di utara kampus mercu Buana Yogyakarta (Dian Perdana Putra via FB WSO)
Foto Suasana Pasar Sore Ramadan (Dian Perdana Putra via FB WSO)

Pasar Ramadhan ini diselenggarakan selama bulan ramadhan pada 13 April sampai 12 Mei 2021 yang bertempat di pintu utara masuk Kampus 1 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Pasar Sore ini menyajikan berbagai makanan dan minuman yang banyak di buru oleh pengunjung. Buka mulai habis sholat Ashar hingga Magrib.

Meski dilaksanakan di tengah suasana pandemi namun segala persiapan telah diatur terutamanya perizinan dan protokol kesehatan. Seluruh panitia hingga masyarakat yang terlibat diwajibkan mematuhi protokol kesehatan serta wajib memakai masker. Bahkan Pasar Ramadhan ini menyediakan posko Covid-19 yang melakukan cek suhu tubuh, pemberian hand sanitizer, hingga memberikan masker bagi pengunjung yang tidak menggunakan masker.

Foto Suasana Pasar Sore Ramadan di utara kampus mercu Buana Yogyakarta (Dian Perdana Putra via FB WSO)
Foto Suasana Pasar Sore Ramadan di utara kampus mercu Buana Yogyakarta (Dian Perdana Putra via FB WSO)

Dengan kolaborasi antara Ikatan Pemuda Pemudi Karanglo dan Remaja Masjid Kamirejo serta bekerja sama dengan masyarakat sekitar Karanglo, event ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar yang terhambat akibat pandemi Covid-19.

Tidak hanya melibatkan masyarakat sekitar, Pasar Sore Ramadhan ini terbuka untuk siapapun yang ingin berpartisipasi dalam mendagangkan produknya. Bahkan event ini menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook dalam menginformasikan Pasar Ramadhan Karanglo kepada pedagang-pedagang luar yang tertarik untuk berpartisipasi.

Ka Humas UMBY, Widarta SE MM menyambut baik kegiatan ini, bentuk kolaborasi kampus dengan warga sekitar kampus. Dengan mengedepankan protocol kesehatan adanya pasar sore akan kembali mengairahkan perekonomian warga Sedayu selain juga meningkatkan kreatiftas dalam pembuatan menu buka puasa.

Dengan menjadi pertama pada bulan ramadhan tahun ini, diharapkan Pasar Sore Ramadhan Karanglo di Jalan Masuk Kampus Mercu Buana berjalan dengan lancar hingga akhir sekaligus juga dapat menjadi salah satu event unggulan setiap bulan Ramadhan kerjasama warga dengan UMBY. kegiatan ini juga sebagai updaya meningkatkan aktivitas ekonomi di sekitar Sedayu yang sempat lesu karena pandemi, disamping juga sebagai kegiatan ekonomi yang mendukung semangat JAGORIKO (Jajan Tonggo Nglarisi Konco).

 848 total views,  6 views today

Sedayu Net
Author: Sedayu Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *