KSR PMI Unit8 UMBY kembali Gelar Donor Darah

Turut hadir dan mendonorkan kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH. HM. MM juga para perangkat desa di wilayah kapanewon Sedayu.

Senin (3/1/2022) telah terlaksana Kegiatan Rutin tahunan KSR PMI Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) unit VIII Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yaitu aksi donor darah dengan tema “Setetes Darah, Sejuta Manfaat”. Kegiatan ini berlansung di pokso KSR PMI Unit VIII UMBY yang berada di kampus 1 UMBY Jl Wates Km 10 Yogyakarta bekerja sama dengan UTD PMI Kabupaten Bantul.

“Kegiatan donor darah ini diadakan untuk mengawali kegiatan offline KSR yang sempat vakum semenjak pandemi. Harapannya dengan kegiatan ini dapat memacu kembali semangat dan kebersamaan KSR dalam menjalankan misi kemanusiaan” tutur M. Safriyansyah Attammi mahasiswa prodi Agroteknologi UMBY selaku Ketua Panitia donor darah.

Baca Juga : UKMI UMBY adakan Donor darah dan Cek Kesehatan Gratis

Dengan tetap menerapkan prokes yang ketat, para peserta akan mengikuti kegiatan ini yaitu registrasi pendonor, calon pendonor yang akan mendonorkan darahnya diwajibkan untuk mengisi form pendaftaran dari panitia beberapa hari sebelum pelaksanaan kegiatan. Saat hari pelaksanaan, pendonor kembali diminta untuk mengisi form yang telah disediakan dari pihak PMI sebelum masuk ke ruangan khusus untuk diperiksa kesehatannya. Setelah itu pendonor akan diperiksa kesehatannya baik itu kadar Hb, tekanan darah maupun cek kesehatan lainnya kemudian pendonor yang memenuhi kriteria untuk mendonor siap untuk melakukan donor darah.

Kegiatan Donor Darag di KSR PMI Uni8 UMBY kerjasama dengan PMI Bantul

Salah satu peserta yang baru pertama kali mengikuti donor darah Yulius Liq mahasisa Psikologi UMBY walaupun memenuhi persyaratan tetapin keliatan cukup tegang. “Kesan pertama kali donor darah itu sedikit tegang karena yang ada di pikiran kalau suntik donor darah itu besar, tapi ketika sudah di coba ternyata tidak terasa apa-apa, namun pada saat akan di cabut itu lumayan pegal. Untuk pesannya semoga kegiatan ini bisa dijadikan kegiatan rutin” ujarnya.

Baca Juga : Agenda HUT SMA 1 Sedayu Donor Darah dan Kompetisi Bahasa Inggris.

Aksi donor darah ini dimulai pada pukul 09.00 WIB ini berhasil mendapatkan apresiasi yang luar biasa baik dari mahasiswa maupun masyarakat sekitar kampus, pendaftar sebanyak 87 calon pendonor dengan pelaksanaan kegiatan donor darah ini berhasil mengumpulkan 27 kantong darah yang diambil dari pendonor yang telah lolos tahap screening. Turut hadir dan mendonorkan kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH. HM. MM juga para perangkat desa di wilayah kapanewon Sedayu.

“Terimakasih sudah mengadakan donor darah, dari sekian tahun tidak donor darah karena terhalang pandemi, harapannya kegiatan donor darah bisa di adakan rutin di kampus.” Ungkap Wahyuni mahasiswa Psikologi 2018 yang sudah rutin mengikuti aksi dalam kegiatan ini.

Loading

Leave Your Comment