Arnold Schwarzenegger Selalu Menyukai Kisah Ayah/Anak Perempuan, Tetapi FUBAR adalah yang Terbaik

Arnold Schwarzenegger Selalu Menyukai Kisah AyahAnak Perempuan, Tetapi FUBAR adalah yang Terbaik

Bintang aksi terkenal Arnold Schwarzenegger kembali dengan “Fubar” di Netflix, serial televisi pertamanya (baca ulasan /Film di sini). Dengan pembatalan “True Lies” di CBS setelah hanya satu musim, delapan episode “Fubar” akan menjadi hal terdekat dengan sekuel semi-quasi dari film komedi aksi tahun 1994 karya James Cameron yang dibintangi oleh Schwarzenegger sebagai agen rahasia yang menyembunyikan petualangan mata-matanya dari istri dan anak perempuannya yang tinggal di pinggiran kota. Dalam “Fubar,” Schwarzenegger memerankan Luke Brunner, seorang agen CIA yang menua dan hampir pensiun ketika ia mengetahui bahwa putrinya Emma (Monica Barbaro) juga seorang agen rahasia yang bekerja pada kasus yang sama.

Dalam serial ini, aksi mengambil peran yang lebih kecil dibandingkan hubungan antara Luke dan Emma ketika mereka berusaha bertahan hidup cukup lama untuk menyelesaikan masalah keluarga mereka dan menyelesaikan misi yang tiba-tiba menjadi lebih rumit. “Fubar” bisa saja menjadi kendaraan aksi biasa bagi Schwarzenegger seperti “Taken” milik Liam Neeson atau “The Old Man” yang dibintangi oleh Jeff Bridges. Namun, keberhasilan sebenarnya dari serial ini muncul dari chemistry yang santai antara Schwarzenegger dan Barbaro, yang membantu menampilkan tulisan yang sangat kuat, menjadikan “Fubar” bukan sekadar komedi aksi yang dapat diprediksi, tetapi menjadi serial menarik dengan hubungan ayah/putri yang luar biasa.

Serial ini juga menghadirkan sisi karier Schwarzenegger dengan cara baru dengan memberikan contoh lain tentang dirinya sebagai seorang ayah yang penuh kasih yang menghadapi tantangan yang sulit dan situasi berbahaya untuk ada di samping putrinya saat dibutuhkan. Schwarzenegger tertarik pada jenis cerita seperti ini sejak awal puncak kariernya sebagai pahlawan aksi pada tahun 80-an dan awal 90-an, dan ia telah kembali ke dinamika tersebut beberapa kali dalam perannya setelah kembali berakting setelah menjabat sebagai gubernur.

Satu orang tentara ayah

“Fubar” kebetulan menjadi kisah ayah/putri terbaik yang pernah dilibatkan Schwarzenegger di layar, tetapi ada beberapa yang jelas menonjol, terutama dalam film aksi klasik berperingkat R pada tahun 1985, “Commando.” Hubungan tak terpisahkan antara mantan prajurit Pasukan Delta John Matrix dan putrinya Jenny (Alyssa Milano) ditetapkan sejak awal dalam beberapa menit pembukaan, di mana kemungkinan adalah montase paling macho dalam karier Schwarzenegger. Peragaan otot Arnold saat ia membawa batang pohon di lereng gunung langsung terhenti saat ia menggendong Jenny dalam pelukannya, memunculkan serangkaian adegan manis yang menunjukkan kehidupan mereka yang tenang dan terpencil di sebuah pondok.

Setelah hubungan mereka ditunjukkan di layar, saat Jenny diculik beberapa menit kemudian oleh mantan rekannya, Bennett (Vernon Wells yang hampir tidak dapat dikenali), maka wajar saja bagi Matrix untuk mulai mengumpulkan persenjataan yang mengawali salah satu penjarahan paling berdarah di tahun 80-an. Pada saat “Commando” memasuki adegan akhir yang penuh ledakan dan kekerasan grafis, Matrix sudah melompat dari pesawat, bergelantungan seperti Tarzan di Sherman Oaks Mall, menculik seorang pramugari, menjatuhkan seorang pria dari tebing, menusukkan seorang mantan Green Beret, dan melakukan pencurian besar-besaran dengan membobol toko barang bekas militer.

Tapi itu tidak apa! Semua itu dilakukan semata-mata demi putrinya, yang harus diselamatkan dengan segala cara. Matrix menjadi tentara satu orang yang tak terhentikan yang secara harfiah membunuh ratusan orang hanya untuk menyelamatkan Jenny. Pada akhirnya, Matrix hanya membawa putrinya dalam pelukannya tanpa membawa senjata-senjata, granat, dan peluncur roket yang dibutuhkan untuk mendapatkannya. Untungnya, Jenny tidak melihat ayahnya melakukan tingkat kekejaman yang luar biasa untuk memastikan keselamatannya.

Berduka untuk seorang putri

Setelah “Commando,” Schwarzenegger belajar untuk seimbang antara persona aksinya dengan sisi paternal yang lebih kuat, kualitas yang juga muncul dalam “True Lies” karya Cameron ketika putrinya Dana (diperankan oleh Eliza Dushku dari “Buffy the Vampire Slayer”) harus diselamatkan dari teroris di atas jet Harrier. “Terminator 2: Judgment Day” juga menampilkan Schwarzenegger memainkan peran sosok ayah yang tidak konvensional sebagai T-800 yang diprogram ulang untuk melindungi pemimpin perlawanan, John Connor.

Ada tema yang berulang di sini, tetapi baru dalam film drama zombie tahun 2015, “Maggie,” Schwarzenegger harus mengandalkan kemampuan aktingnya lebih dari ototnya untuk mencoba menyelamatkan putrinya yang perlahan-lahan berubah menjadi anggota baru kaum mayat hidup. Abigail Breslin menggantikan Alyssa Milano dalam “Maggie” sebagai bagian dari hubungan ayah/putri terbaik di layar dalam karier Schwarzenegger sampai saat itu. Dalam salah satu penampilannya terbaik setelah kembali berakting, Schwarzenegger memerankan Harry Vogel, seorang Ayah yang putus asa yang harus mempertimbangkan keputusan untuk menyerahkan putrinya pada kenyataan yang membosankan kehidupan karantina atau mengakhiri hidupnya sendiri.

“Maggie” adalah film horor indie yang tulus dari Schwarzenegger yang sekali lagi membuktikan bahwa ia adalah orang yang paling disukai dan dapat dihubungkan saat menjadi seorang ayah yang peduli yang hanya menginginkan yang terbaik bagi anak perempuannya, bahkan ketika keduanya menghadapi masa depan suram di dunia yang dikuasai zombie pasca-apokaliptik. Akhir dari “Maggie” memang tragis jika tidak sedikit berlebihan dengan melodrama, tetapi itu tetap menjadi sorotan bagi Schwarzenegger.

Akhirnya hadir di sana

Dengan “Fubar,” Schwarzenegger sekarang menjadi agen CIA yang lebih tua di ambang pensiun yang dapat menggunakan usianya sebagai bahan lelucon dan sebagai cara untuk memiliki hubungan layar yang substansial dengan putrinya saat ia sudah dewasa sepenuhnya. Sampai saat ini, peran putri dalam film-film Schwarzenegger selalu menjadi remaja yang belum tentu bisa melindungi diri sendiri. Emma tidak lagi membutuhkan bantuan ayahnya dan lebih suka tidak berada dalam misi yang sama dengannya, setelah bertahun-tahun keduanya bekerja secara rahasia di CIA namun somehow tidak pernah bertemu satu sama lain di kantor.

Dalam semua kekurangan serial Netflix yang baru ini, Schwarzenegger dan Monica Barbaro menjaga komedi mata-mata tersebut dengan pertengkaran dan perkelahian mereka yang konstan, memberikan lapisan substansi yang sangat dibutuhkan pada acara yang kadang gagal karena beberapa lelucon yang tidak tepat waktu. Dinamika antara mereka mengambil trope ayah/putri yang pernah muncul dalam beberapa film sebelumnya oleh Schwarzenegger dan meningkatkan standar, memberikan kesempatan kepada “Austrian Oak” untuk bertarung dan berdebat dengan keturunannya daripada hanya menjadi satu orang kavaleri.

Di sini, Luke dan Emma adalah tim yang menemukan diri mereka berada pada posisi yang relatif sejajar, di mana Emma memiliki kesempatan yang sama besar untuk menyelamatkan Luke seperti sebaliknya. Kolaborasi suami-istri dalam “True Lies” diperbarui dalam “Fubar” menjadi duo ayah dan putri yang terpaksa melakukan satu pekerjaan terakhir bersama, dan Schwarzenegger mendapatkan keuntungan dari perubahan ini. Setelah beberapa dekade meledakkan segalanya, “Fubar” menunjukkan bahwa Schwarzenegger masih pada performa terbaiknya ketika ia adalah seorang Ayah terlebih dahulu dan seorang prajurit kedua.

“Fubar” sekarang dapat ditonton di Netflix.

Source : https://www.slashfilm.com/1296586/arnold-schwarzenegger-father-daughter-stories-fubar/

Loading

Leave Your Comment