Peringatan 17 Tahun Gempa Bumi Bantul: Masyarakat Bersatu Dalam Menghadapi Bencana

Bantul, 27 Mei 2023 – Pemerintah Kabupaten Bantul, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menggelar acara Refleksi 17 Tahun Gempa Bumi Bantul sebagai bentuk penghormatan terhadap peristiwa dahsyat yang terjadi pada tanggal 27 Mei 2006. Acara ini diadakan di Monumen Pusat Episentrum Gempa, Dusun Potrobayan, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong, pada Jumat malam (26/05/2023).

Refleksi ini bertujuan untuk mengingat kembali kejadian gempa bumi dengan magnitudo 5,9 SR yang terjadi kurang dari satu menit, namun mengakibatkan kerusakan parah di sebagian besar wilayah Kabupaten Bantul dan menelan korban jiwa dalam jumlah ribuan. Kejadian tersebut menjadi pengingat penting bagi masyarakat dan pemerintah akan pentingnya kesiapan menghadapi bencana besar.

Dalam peringatan 17 tahun gempa bumi di Bantul kali ini, BPBD Bantul bekerja sama dengan Forum Komunikasi Ketoprak Bantul (FKKB) menghadirkan Pagelaran Ketoprak Edukasi Mitigasi Bencana dengan lakon Gumregah. Pagelaran ini melibatkan Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo beserta Ibu Dwi Joko Purnomo, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto, serta beberapa seniman ketoprak ternama di Bantul.

Penampilan yang menghibur dari ndoro kakung dan putri Arjo Sugih, yang diperankan oleh Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo dan Ibu Wakil Bupati Bantul Dwi Joko Purnomo, menyajikan hiburan bagi ribuan penonton ketoprak.

Dalam lakon Gumregah, Arjo Sugih digambarkan sebagai sosok pengusaha yang bijaksana dan dermawan, menggunakan sebagian hartanya untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana. Selain itu, Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko S, S. Sos., MM., memerankan pangeran Wulan Kusumo, seorang pejabat pemerintah yang aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan relawan dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Agus Yuli Herwanta ST, MT, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa ketoprak merupakan seni tradisional yang dapat menjadi sarana edukasi dalam hal mitigasi bencana. Acara ini diselenggarakan atas kerja sama antara BPBD Bantul, FPRB, dan FKKB.

Melalui peringatan ini, Pemerintah Kabupaten Bantul ingin mengingatkan masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Masyarakat Bantul didorong untuk terus meningkatkan pengetahuan tentang mitigasi bencana dan bekerja sama dengan pemerintah dalam upaya menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan mitigasi bencana dan langkah-langkah yang dapat diambil dalam menghadapi bencana, kunjungi akun BPBD Bantul di @bpbdbantul.

Loading

Leave Your Comment