Dua Siswa MTsN 9 Bantul Memperoleh Nilai Sempurna dalam ASPD 2023

Dua Siswa MTsN 9 Bantul Memperoleh Nilai Sempurna dalam ASPD 2023

Bantul (Kemenag) – Dua siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Bantul berhasil meraih nilai sempurna (100) dalam ujian ASPD (Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah) tahun 2023. Prestasi ini diraih oleh Aurel Wafa Nazira dalam literasi membaca Bahasa Indonesia, serta Raeyaser Fikron De Warent dalam literasi numerasi.

ASPD merupakan ujian akhir untuk siswa kelas IX yang mencakup literasi Bahasa Indonesia, literasi numerik, literasi Bahasa Inggris, dan literasi sains. Ujian ASPD ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan diikuti oleh seluruh siswa SMP/MTs di wilayah tersebut.

Prestasi dua siswa MTsN 9 Bantul ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Isdarmoko. “Sangat luar biasa! Madrasah ini bahkan mampu melampaui prestasi sekolah negeri,” ujar Isdarmoko sambil memberikan sambutan pada acara Wisuda Purnasiswa Kelas IX Tahun Ajaran 2022/2023 di Gedung Erlangga, lantai tiga, pada Sabtu (10/6/2023).

Sebanyak 159 siswa kelas IX dari MTsN 9 Bantul lulus pada tahun ini. Acara wisuda dengan tema “Unggul, Berkarakter, dan Mendunia” tersebut dihadiri oleh Abd Su’ud, S.Ag., Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama DI Yogyakarta, Edy Purwanto, Analis SDM Aparatur Ahli Muda Seksi Guru Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Ahmad Shidqi, Kepala Kantor Kementerian Agama Bantul.

Isdarmoko juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Aurel, Raeyaser, dan sembilan siswa lainnya yang meraih nilai literasi Bahasa Indonesia dan numerasi di atas 90.

Aurel membagikan tips untuk meraih nilai 100 dalam literasi Bahasa Indonesia. Menurutnya, MTsN 9 Bantul telah merancang berbagai program yang diikuti oleh siswa, seperti sarapan soal, les ASPD, dan konsultasi 24 jam dengan guru pengampu. Aurel menganggap dukungan dari madrasah sangat membantu dalam menghadapi ASPD tahun ini.

“Selain belajar di jam sekolah, kami juga bisa berkonsultasi dengan guru pengampu selama 24 jam sehingga dapat mengejar materi yang belum dipahami,” ungkap Aurel.

Nur Hasanah Rahmawati, Kepala MTsN 9 Bantul, mengonfirmasi pernyataan Aurel. Ia menegaskan bahwa MTsN 9 Bantul berkomitmen untuk memberikan fasilitas dan layanan terbaik kepada siswa-siswinya agar dapat berprestasi dalam ASPD.

“Selamat kepada Aurel, Raeyaser, dan siswa-siswi MTsN 9 Bantul lainnya yang berhasil mengatasi ujian ASPD dan meraih nilai terbaik. Kalian luar biasa!” tutur Atik, panggilan akrab Kepala MTsN 9 Bantul, yang juga memberikan penghargaan kepada siswa yang meraih nilai sempurna dan di atas 90.

Loading

Leave Your Comment