Pelatihan Aplikasi Komputer untuk Guru IGTKI Sedayu

Pengabdian  berjudul Pelatihan Aplikasi Komputer Untuk Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Sedayu (IGTK). Untuk Meningkatkan kemampuan dalam bidang ketrampilan menggunakan aplikasi komputer. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra IbM diantaranya yaitu.

Pertama Kemampuan SDM yang terbatas dalam menggunakan teknologi. Kedua SDM kurang termotivasi untuk belajar sendiri karena tidak ada yang memberikan arahan materi yang baik dan benar. Ketiga 3.Mitra cenderung menggunakan bantuan orang lain dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan-pekerjaan administratif seperti surat-menyurat, membuat laporan, dll.

Target luaran dalam program ini adalah (1) Peningkatan pemahaman dan ketrampilan masyarakat dalam menggunakan fasilitas komputer dan teknologi yang tersedia.(2)Penerapan jasa yang dilakukan dengan memberikan pelatihan dengan model presentasi, diskusi, dan tanya jawab.

Program pengabdian dilaksanakan dalam 2 (dua) bentuk; pertama, Memberikan pelatihan pengenalan aplikasi komputer. Sesi pelatihan terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdapat kegiatan penyampaian materi, kemudian diikuti latihan, praktek, dan tanya jawab. Kedua, Memberikan pelatihan membuat surat dan laporan. Sesi pelatihan terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdapat kegiatan penyampaian materi, kemudian diikuti latihan, praktek, dan tanya jawab. Pelaksanaan program ini dirancang dalam empat tahap kegiatan yaitu; (1) Tahap koordinasi dan persiapan (2) Tahap pelatihan (3) Tahap Penerapan Ipteks (4) Tahap Evaluasi & Pendampingan.

Kegiatan pelatihan dan pendanpingan ini dilaksanakan dalam kurun waktu Februari-Maret 2017 setiap hari sabtu.  Dengan jumlah peserta 30 orang guru yang dilaksaanakan di TK Budi Mulia Dua Sedayu. Pengalaman dari pelaksana program adalah staf pengajar bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang sangat kompeten untuk pelatihan dan ketrampilan aplikasi komputer guru-guru TK di Kecamatan Sedayu. Tim terdiri dari 3 orang : 1. Imam Suharjo, S.T., M.Eng., yang memiliki kemampuan dalam teknologi informasi. 2. Ozzi Suria, S.T., M.T., yang memiliki kemampuan dalam mobile & soft computing, dan 3. Putri Taqwa Prasetyaningrum, S.T., M.T., yang memiliki kemampuan dalam sistem informasi.

112 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *