Pameran dan Seminar Jagoriko Sedayu

Hari ini Rabu 11 Juli 2018 diselenggarakan Pameran UMKM dan Seminar Jagoriko di kompleks Kecamatan Sedayu. Seminar ini merupakan kegiatan seminar yang ke-2 setelah tahun sebelumnya diselenggarakan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pamera diikuti oleh berbagai UMKM di sekitar sedayu seperti jenis usaha : Jamu, Rajut, aneka Kuliner, tas/bantal, Coklat, jamur dan masih ada berbagai produk lain.

Pada acara seminar, pertama disampaikan oleh Pak Camat (Fauzan Muarifin) antara lain tentang Jagoriko. Program jagoriko ini sudah setahun lebih dilaksanakan di Sedayu. Banyak manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat di sekitar Sedayu. Salah satu forum/group yang digunakan untuk mendukung jagoriko adalah Group Facebook Warga Sedayu online (WSO). Dari apa yang disampaiakan warga sedayu kepda pak camat bahwa cukup banyak warga yang omset meningkat selama setahun ini.

Agus Mulyono (Kepala Bidang UMKM) dari dinas Koperasi UMKM DIY menyampaikan bahwa UMKM harus naik kelas dan lebih percaya diri mengembangkan usaha dan naik kelas dari Mikro, Kecil dan menjadi usaha yang lebih besar lain. Memang biasanya banyak tantang dari jenis Usaha UMKM namun semuanya bisa diatas dengan menggunakan manajemen yang lebih baik. Cukup banyak dukungan dari pemerintah untuk jenis usaha UMKM ini. di Jogja khususnya UMKM mendapatkan peranan yang penting dalam mendukung kemajuaan perekomonomian di DIY. Pak Agus juga menyampaikan untuk menjalankan usaha secara legal dan tertib antara lain dengan mengurus ijin yang saat ini ijin UMKM sangat mudah.

Sesi terakhir disampaikan oleh M. Gufron Mustakim Wakil Direktur Sales Stock di Jogja dan juga pemilik berbagai berbagai usaha UMKM seperti : ternak domba, jualan pakaian dan peralatan pertanian/perkebunan yang semuanya dikelola secara online. Menurut M Gufron pasar sangat terbuka dan cukup mudah digunakan untuk disaparkan secara online menggunakan. UMKM bisa mulai menggunakan teknologi informasi untuk mendukung sistem pemasaran, tidak harus memiliki website sendiri karena cara memasarkan toko online sekarang sudah banyak dan mudah. Misalnya dengan menggunakan market place, cukup daftar dan upload foto dan deskrpsi tanpa harus mengelola secara teknis.

Acara seminar ini diikuti oleh warga Sedayu, dukuh, lurah, karang taruna dan juga para pengerak masyarakat. Peserta cukup antusias mendengarkan dan bertanya dalam seminar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *