Kandang Ingkung Resto : Tempat Makan Ndeso

Rumah makan Kandang Ingkung adalah sebuah Restoran Ndeso di Jlitengan, Balecatur, Gamping. Lokasi sekitar 2-3km dari Jalan Wates bisia dicapai menuju lokasi ini. Ada beberapa akses masuk yang bisa di tempuh, Jika dari arah Jogja bisa akses masuk  melewati Pabrik Kusuma Sandang ke selatan. Atau jika anda dari arah barat bisa masuk lewat pertigaan selatan SPBU / Markas FPI.

Lokasi cukup dekat dengan BMKG DIY berada di perbukitan yang masih asri dengan suasana yang Neso dan sejuk. Kesan pertama saat masuk kelokasi ini masuk kampung dengan bangunan hampir semua terbuka dari bahan kayu dan Bambu. Masih banyak pohon tinggi dan rimbun. Didepan jalan terpampang Tulisan yang cukup jelas “Kandang Ingkung” berwarna merah. Tempat parkir yang cukup  menampung hingga sekitar 8 mobil, namun jika tidak cukup area tepi jalan cukup memadai untuk area parkir karena jalanan disini cukup sepi.

Masuk dari akses jalan utama akan terlihat rumah-rumahan kecil dengan ukuran yang beragam dengan meja yang terbuat dari kayu jati model lesehan. Terlihat ada sekita 4 rumah-rumahan yang nyaman untuk makan. Masuk kedalam akan dijumpai juga sebuah tungku api yang menyala dengan maskan air yang siap mendidih. Anda bisa ambil minuman kopi/jahe seara GRATIS disini.

Pilih tempat dan pilih menu yang ada, anda akan didampingi oleh pelayan restoran yang ramah dan friendly. rata-rata tunggu masakan antara 15-30 menit. Sambil menunggu disini sudah disapkan are memanah yang berada dibagian belakang restoran. dibalakang juga terdapat kolam ikan yang cukup menghubur anda.

 

Disisi belakang / barat ada sebuah mushola dengan kapasitas hingga 10 orang, cukup khas dengan bentuk terbuka mirip Kandang. Namun tetap bersih dan layak tentunya buat ibadah sholat. Tempat mengambil air wudhu juga tidak terlalu jauh dengan air bersih yang lancar mengalir.

Menu makanan yang ada (Ingkung) menutur penulis cocok  dilidah dengan bumbu yang meresap. Disamping ingkung menu-menu lain bisa anda pilih sesuai dengan selera, semua Ndeso pokonya. Termasuk piring yang digunakan untuk menyajikan juga piring dari seng (Piring Jadul banget). Tampah dan oenyajian makan dengan daun pisang. Hampir tidak ada penyajian dengan bahan plastik disni, semua hampir natural mendekati ke suasan Ndeso yang Kampung banget.

Sempet ngobrol dengan pemilik resto, jiak resto ini baru buka sekitar 3/bulan saat saya pertama kali datang kesini akhir bulan Febrauri 2018. Buka pertama sekitar bulan Desember 2017. Silahkan coba nikmati makan dengan cara yang berbeda suasana perkampungan Desa banget. 🙂

Kontak :

  • Jlitengan, Balecatur, Gamping, RT 1 RW 27, Sleman, Yogyakarta
    (Selatan Kantor BMKG)
  • Telp/SMS/WA : 0813 2986 4579
  • Website : http://kandangingkungresto.com
  • Email : [email protected]

Akses dari arah Jogja (Ambar ketawang /Gamping)

 

Loading

Leave Your Comment