Kelompok Ternak Ngudi Mulyo Ngentak Argorejo Sedayu

Kelompok Ternak Ngudi Mulyo Ngentak Argorejo Sedayu

Mengenal Kelompok Ternak Ngudi Mulyo Ngentak Argorejo Sedayu, Bantul. Beralamat di RT66 Ngentak, Agrorejo, Sedayu. Kelomok Tarnak Ngudi Mulyo, berdiri sejak awal tahun 2018 dengan modal awal yang utama adalah tekad dan semangat. Kandang dibuat secara mandiri dan ada subsidi bantuan dari desa. Dibangun ditanah kas desa seluas 1000m2, kelompok ternak ini beranggotakan warga dari seluruh wilayah RT di Pedukuhan Ngentak dan ada juga anggota yang berasal dari Pedukuhan lain. Menurut bpk Mulyono sebagai Ketua Kelompok ini.

Awal Mula

Kelompok Ternak Ngudi Mulyo Ngentak Anggota menggunakan kandang-kandang yang permanen. Dengan jumlah anggota 22 orang, awal tujuan membuat Kelompok ini menurut Pak Mulyono adalah agar lingkungan permukiman sehat dan bersih dan tidak mencemari lingkungan serta bisa meningkatkan taraf hidup dan ekomoni anggota.

Di sini ada beberapa jenis Kandang : Kerbau, Kambing dan lembu. Disampaikan mengapa demkian, karena anggota memilki kesenangan sendri-sendiri dalam memelihara ternaknya. Ada yang suka Lembu, Kambing datau kerbau.

Bagaimana Pendapatan dari Ternak?

Pendapatan, Kegiatan ternak disini pada umumnya sebagai samben (buka pekerjaan yang utama) sebagian besar peternak juga sebagai petani. Ternak ini (ibarat menabung tenaga) tidak bisa dapat hasil setiap hari. Misalkan lembu akan memetik hasil terutama saat Idul Adha, saat banyak yang membutuhkan hewan kurba. Peternak Kambing juga sama biasanya panen setiap tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para anggota disini umumnya mengadalkan dari pekerjaan lain, seperti bekerja atau berkebun (bertani).

Pemanfaatan Lahan

Lahan yang tersedia seluas 1000 m2 menggunakan tanah kas desa dengan perhitungan sewa tahunan. Lahan ini dibagi menjadi beberapa kavling dengan luasan masing bisa mendapatkan 50-60 m2. Bagian belakang kadang ini dipakai untuk hijauan (menanam pakan ternak).

Pemanfaatan sisa lahan dipakai untuk kolam melihat sumber air tersedia dengan baik. Ada beberapa kolan dengan ukuran skitar 2×6 meter. Kolan ini diisi dengan Ikan Lele, Nila, Patin, Gurameh dan sudah beberapa kali memanen hasil ikan ini.

Pemanfaatan sisa lahan untuk Kolam Ikan

Sisa Kotoran ternak sebagian besar saat ini dipakai untuk pupuk kompos pertanian di lokasi ternak sebagai digunakan oleh anggota kelompok.

Pemasaran bagaimana?

Pemasaran Sapi jantan terutama untuk memenuhi kebutuahan pasar lokasl Sedayu. Saat Idul adha banyak dari pengurus masjid yang mencari Kambing atau lembu jantan utamanya. Untuk anakan ada pedagang yang yang datang untuk membeli kesini.

Disini peternak dibebaskan untuk menjual kesiapapun dengan harga sesuai kesepakatan atau kecocokan. Tidak ada patokan harga dari pengurus.

Dengan Semangat JAGORIKO, monggo bisa datang ke Kadang ini apabila membutuhkan Sapi dan Kambing. bisa menghubungi CP 081328550800.

Profil Selengkapnya

Selengkapnya bisa Cek Juga Video disini ya

 1,014 total views,  2 views today

Sedayu Net
Author: Sedayu Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *