Napak Tilas Panglima Besar Jenderal Soedirman oleh TNI

Dikutip dari FB Pemkab Bantul, TNI kembali menyelenggarakan Rencana Garis Besar Latihan Rute Panglima Sudirman, Senin (7/3) di Kapanewon Kretek, Bantul. Acara ini merupakan kegiatan rutin TNI setiap tahun dan sebagai dasar dari pendidikan perwira TNI dari tiga matra TNI baik darat, laut maupun udara.

Saat diwawancarai terpisah, Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan, “Kita menyambut baik kegiatan napak tilas Panglima Besar Jenderal Soedirman yang tujuannya menginternalisasi nilai-nilai perjuangan Jenderal Soedirman, memupuk rasa Nasionalisme, dan membentuk karakter siap siaga seorang perwira dalam menghadapi ancaman terhadap NKRI,”

Bupati juga berpesan bahwa perjuangan harus terus diwariskan dari generasi ke generasi sehingga negara kita tetap kuat dimasa depan dan tetap memiliki daya saing yag tinggi di dunia internasional.

Kegiatan napak tilas ini dimulai dengan penyerahan tandu duplikat dari Pemerintah Daerah Setempat kepada Pusdikma yang dijadikan sebagai simbol dari tandu gerilya Jenderal Soedirman dibawa menuju desa Panggang Gunungkidul Yogyakarta dengan jarak 26 km untuk jalan kaki seperti rute yang digunakan Jenderal Soedirman pada waktu gerilya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.