Sentra Tosan Aji Pertama di Pasar Seni Gabusan Bantul

Satu-Satunya di DIY, Bantul Punya Sentra Tosan Aji, dikutip dari Pemkab Bantul. Kabupaten Bantul sebagai salah satu gerbang keistimewaan DIY kembali diperkuat dengan kehadiran Sentra Tosan Aji yang berlokasi di Pasar Seni Gabusan. Acara soft opening pameran dan bursa tosan aji dilaksanakan pada Jumat (27/05) kemarin.

Acara ini merupakan inisiatif dari insan perkerisan di DIY bersama Pemerintah Kabupaten Bantul. Diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempererat paguyuban-paguyuban keris di Yogyakarta. Bursa yang perdana digelar ini diikuti oleh 70 peserta dari, DIY, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Bursa dan pameran akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 27-29 Mei 2022.

Sentra Tosan Aji atau Keris Bantul

GBPH Yudaningrat selaku dewan pembina, memiliki harapan acara ini dapat terus dilanjutkan kedepannya dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bantul. Adapun Sentra Tosan Aji ini menjadi yang pertama di Bantul dan DIY.

Selaras dengan hal itu, Bupati Bantul, Abdul Halim yang hadir dalam acara tersebut juga berharap agar sentra ini dapat menjadi pusat edukasi bagi masyarakat.

“Tosan aji dapat memperkuat posisi DIY sebagai entitas budaya yang diakui oleh Indonesia dan dunia, jika sentra tosan aji dapat dikembangkan di sini, berarti menjadi satu-satunya di Indonesia”, ungkap Halim.

Oleh karenanya dirinya berharap keberadaan sentra tosan aji ini dapat disengkuyung bersama oleh dinas terkait sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.