Komunitas Youtuber Mataram : Menghibur dan turut Mengedukasi Masyarakat

Komunitas Youtuber Mataram : Menghibur dan tutut Mengedukasi Masyarakat

Sedayu.net (SLEMAN) – Sebagai konten kreator YouTube semestinya dapat membuat konten yang bersifat positif serta berisikan informasi yang akurat bermanfaat bagi masyarakat. Konten yang dilihat dapat memberikan hal positif dan tidak memicu beredarnya berita bohong atau hoax. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Komunitas YouTuber Mataram (KYM) Yustinus Purwanto (yang akrab dipanggil Pak Yus) saat jumpa Komunitas di Kampung Flory Sleman, Minggu (3/7/2022).

“Salah satu untuk menciptakan konten positif, informatif dan bermanfaat bisa dilakukan dengan cara menaikan performa, kualitas dan literasi. Diantaranya dengan cara membaca, mencari referensi benar sebelum menayangkan video di YouTube sehingga pemirsa merasa puas menikmati dan menyimak video,” ungkap pemilik Channel Piknik Yuuuk disela kegiatan saat ditanya Kontributor dari Yogyapos

KYM sendiri merupakan nama komunitas kreator YouTube (DIY dan Jateng) yang dibuat sekitar 1 tahun silam sebelumnya bernama Grup Anyaran. KYM sering diskuis baik secara online maupun offline seperti Temu Komukitas kali ini. Pertemuan sebelumnya dari komunitas ini ditahun sebelumya dilaksanakan di warung Kopi Gajah di Jalan Kaliurang Km 9 Ngaglik, Sleman, Sabtu (18/12/2021).

“Acara temu komunitas ini intinya adalah berbagi (ilmu dan pengalaman), semua bisa berbagi berdsarkan pengalaman masing-masing. Tidak ada yang saling menggurui, semua bisa maju bersama” seperti disampaikan pak Yustinus Purwanto saat membuka kegaiatan ini.

Dalam sharinng juga disampikan “Yang paling susah adalah membangun Brand, Misal Kanal Om CT memiliki dibuat supaya keunikan dalam hal informasi yang benar, valid, mudah dipahami dan bermanfaat bagi pemisanya. Perlu diingat juga bahwa semanarik/sebagus apapun video yang kita buat, jika tidak direkoemnedarikan oleh Youtube, view juga tidak akan banyak” ungkap Pak catur owner channel Om CT.

Komunitas Youtuber Mataram : Menghibur dan turut Mengedukasi Masyarakat
 Pramugara Aji Perdana (RaraTV) anggota Komunitas YouTuber Mataram

“Tetap semangat dalam berbagi membuat kanal dan membuat video yang tepat. Ada banyak tantangan, tapi jangan menyerah. Perlu waktu untuk bisa sukses dan video kita banyak yang menonton. Seperti nama menemukan raraTV tidak sekali jadi, perlu bebeberapa kali ganti nama sehingga menumukan konten dan nama kanal yang sesuai dan jadi Brand saat ini” Seperti diungkapkan RaraTV yang saat ini memiliki 34.4K subscribers di kanal Youtubenya.

Baca juga : Daftar Film, Klip dan Iklan yang di Buat di Gamplong Studio

Didampingi Wakil Ketua Komunitas Youtuber Mataram, Catur Rudatin Swasono, dirinya berharap keberadaan anggota kreator yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan ini dapat menyuguhkan wawasan dan pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat luas melalui karya YouTube.

“Saya lihat di sini, anggota komunitas ini memiliki kanal dengan tema spesifik dan unik, ada yang terkait pembangunan infrastruktur, dunia pendidikan, hiburan, kuliner, memancing dan konten campuran. Youtuber semetinya juga selalu berpedoman pada aturan ditentukan YouTube sehingga konten-konten yang dibuat juga dapat dipertanggungjawabkan,” tambah pesan dari Om CT.

Berikut daftar nama-nama kanal Youtube yang tergabung dalam Komunitas YouTuber Mataram (KYM) hingga Juli 2022 :

  1. Om CT
  2. pakde Jio/d’jio official
  3. Nizme TV
  4. Berkatku Channel
  5. Piknik Yuuk
  6. Agus Bintarto
  7. Macul Channel
  8. Guntur fishing
  9. Rara TV
  10. Lasmi Pasmiago
  11. Nur topan
  12. Fajar Wid
  13. Muhammad Riyanto
  14. Kang Hotel1
  15. Rayap Asphalt
  16. nuryadi umby
  17. pemburu kopi nusantara
  18. tetapsetiapadaproses
  19. KakaTV
  20. Agung Prasetya
  21. Elocer Channel
  22. dua_ef media
  23. rei channel
  24. Rei ASMR
  25. Imam Suharjo
  26. Juna Susanta
  27. Eny Yuniar
  28. Rifan nadhar
  29. Amurwa channel
  30. Sukron Adventure

 263 total views,  3 views today

Sedayu Net
Author: Sedayu Net

Leave a Reply

Your email address will not be published.