Menikmati Jalan lain, selain Malioboro

Menikmati Jalan lain, selain Malioboro

Menikmati Jalan Lain, selain Malioboro ya ada Jalan Mangkubumi atau Marga Utara. Ada disebelah utara Malioboro ini jadi akternatif buat jalan santai, nongkrong, bermain skuter dan berburu spot foto di sekitar Tugu. Ya silahkan sempatkan main kesini sebagai alternatif dan bahkan pelengkap libuuran di Jogja Kota. Jalan Marga utara ini memiliki panjang sekitar 800 meter emmbentang dari Tugu Jogja hingga Stasiun Yogyakarta. Sebarang selatang sudah masuk jl Malioboro Yogyakarta.

Jalan marga Utama berada di utara Malioboro, akses lebih mudah dari Jl malioboro selain juga parkir disini relatif lebih mudah, ad banyak tempat dan kantong parkir dengan biaya Parkir yang ramah di kantong. Parkir mini bis roda 4 sekitar 5ribu saja. Masih banyak penjual dan PKL di jalan ini, harga makanan dan minuma wajar tidak nuthuk.

Jalan Malioboro Jogja

Kota Jogja/ Yogyakarta merupakan ibu kota provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY., juga dikenal dengan sebutan kota Jogjakarta (jogja), sebutan lain Yogya. Ada salah satu tempat paling terkenal di Jogja adalah Jalan Malioboro, jalan yang banyak diburu wisatawan selalui ramai saat liburan. Kadang mau masukpun perlu antri. Malioboro selalu ramai dibanjiri oleh turis, baik turis asing maupun turis domestik. Jalan Malioboro itu memang dekat dengan Keraton Yogyakarta, pusat kota, dan tempat wisata di kota Jogja.

Belum lengkap kalu ke Jogja belum jalan di Malioboro, jalan yang dulu penuh dengan pedagang PKL di sepajang jalan. Namun pada Januari 2022 PKL Malioboro sudah direloasi ke tempat yang baru, dipusatkan disana Teras Malioboro 1 dan 2.

Jalan Marga Utama (Jl Mangkubumi)

Sebagai pelengkap Jl Marga Utara juga tidak kalah menarik, dari malioboro ke Marga Utara tinggal nyereberang rel saja. Bisa ke malioboro lanjut ke Marga Utama atau sebaliknya.

Pocong di Dekat Tugu Jogja Jl Marga Utama

Jl Marga Utama cocok buat liburan dan jalan malam hari, Apa yang sering dilakukan oleh wisatawan di jalan ini?

  • Makan dan Minum di Lesehan atau Ankringan
  • Sekedar Ningkrong dan ngobrol
  • Berfoto di dekat Spot foto Tugu Jogja
  • Naik atau sewa Skuter listrik atau sepeda Listrik, bisa 30 atau 60 menit.
  • Bersepeda atau ahnay sekedar lewat saja.

Baca Juga : Pariwisata 4.0 sudah lewat didepan mata

Silahkan nikmati libiran di jalan ini, jalan yang tidak pernah tidur. Saat kita ke lokasi malam hari, hingga jam 22.00 WIB jalan ini masih terpantau meriah dan ramai pengujung saat musim liburan. Pada hari biasa, tentu tidak seramai ini, anda bsia pilih waktu mau ramai atau pas sepi, tergantung kesukaan masing-masing

Nama Jalan dikembalikan ke asalnya

Tiga nama  jalan utama di Kota Jogja yang terbentang dari Tugu Jogja hingga Alun Alun Utara  Jogja resmi dikembalikan namanya  awalnya pada 20/12/2013, sesuai dengan sejarah dan filosofinya. Ketiga jalan tersebut adalah  :

  1. Jalan Pengeran Mangkubumi dikembalikan namanya jadi Jalan  Margo Utomo,
  2. Jalan Jenderal Ahmad Yani jadi Margo Mulyo
  3. Jalan Trikora jadi jalan Pangurakan.  

Pengembalian ketiga nama jalan ini ditandai dengan penekanan tombol dan pembukaan selubung papan nama jalan bertuliskan jalan Margo Mulyo  di  perempatan Nol Kilometer sisi timur oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Walikota Yogyakarta (pad waktu itu) H. Haryadi Suyuti.

 153 total views,  3 views today

Sedayu Net
Author: Sedayu Net

Leave a Reply

Your email address will not be published.