Polres Sleman dan Polsek Gamping mengerahkan 136 Personil amankan Kirab Ageng Tradisi Adat Saparan Bekakak 2022

Polres Sleman Dan Polsek Gamping mengerahkan 136 Personil Untuk Pengamanan Rute Kirab Ageng Tradisi Adat Saparan Bekakak 2022. GAMPING -Guyuran Hujan Tidak Menyurutkan Ribuan masyarakat atau pengunjung Untuk Menyaksikan jalannya Upacara Tradisi Kirab Ageng Saparan Bekak 2022. Untuk Kelancaran acara Kirab Polres Sleman dan Polsek Rayon IV termasuk Polsek Gamping mengerahkan 136 personil. Jumat 09/09/2022 demikiqn dikutip dari akun fb Polsek Gamping.

Selama 3 tahun Giat Saparan Bekakak di laksanakan sederhana tanpa pengunjung karena pandemi Covid-19, untuk tahun 2022 ini pagelaran Kirab di meriahkan dan ramaikan kembali dengan puluhan kelompok prajurit bregodo, ogoh ogoh dan berbagai macam kesenian lainnya total ada 25 kelompok.

Polisi Amankan kirab Budaya Gamping Sleman (9/9/2022)

Meskipun guyuran hujan membasahi prosesi tak menyurutkan ribuan pengunjung untuk menyaksikan jalannya Kirab. Sebelum Pemberangkatan Kirab dan pelepasan Kirab terlebih dahulu acara sambutan oleh Lurah Ambarketawang Bp.Sumaryanto dan Kepala Dinas Kabupaten Sleman.Edy Winarya,S.Sn.,M.Si mewakili Bupati Sleman

Ikut mendampingi Kepala Dinas Kab.Sleman yaitu Panewu Gamping Drs.Sarjono,M.Si, Danramil Gamping Mayor Inf.Jalu Susilarjo, S.Pd, Kapolsek Gamping Kompol B.Muryanto, Lurah Ambarketawang Bp.Sumaryanto dan para perangkat Desa Kalurahan Ambarketawang

Sambutan pertama oleh Lurah Ambarketawang Bp.Sumaryanto menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada seluruh warga masyarakat dalam mengikuti adat Kirab Ageng Saparan Bekaka pada sore ini. Ucapan terimakasih kepada jajaran aparat keamaan TNI-POLRI dan Para Relawan serta seluruh komponen/komunitas masyarakat yang telah mendukung dan memberikan bantuan keamanan sehingga di harapkan seluruh rangkaiam upacara Bekakak dapat berjalan lancar. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat di jadikan semangat bagi generasi muda dalam melestarikan kebudayan daerah.

Selanjutnya sambutan kedua oleh Bupati Sleman yang di wakili Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya,S.Sn.,M.Si menyampaikan bahwa saya atas nama pemerintah Kab.Sleman mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kapanewon Gamping dan Pemerintah Kalurahan Ambarketawang serta seluruh komponen masyarakat khususnya Gamping yang telah menyelenggarakan kegiatan Saparan Bekakak yang merupakan wujud nyata melestarikan adat budaya dan warisan budaya Masyarakat Ambarketawang.

Dengan di adakan kegiatan ini dapat memupuk semangat gotong-royong dan rasa kebersamaan di masyarakat “ungkap Kepala Dinas Kab.Sleman Edy Winarya”

Setelah sambutan selesai di lanjutkan Kirab Ageng Adat Tradisi Bekakak dengan rute yang di lalui dari titik kumpul Lapangan Kalurahan Ambarketawang ke selatan sampai di Perempatan Delingsari Jl.Wated belok ke timur sampai dengan Simpang Tiga Ring Roud Gamping ke selatan. Pembawa replika boneka bekakak dan bregodo pengiring pertama belok ke barat di utara STIKES.A.YANI untuk melakukan prosesi penyembelihan bekak pertama,

Selanjutnya rombongan lainnya tetap jalan di pertigaan Dusun Tlogo Ring Roud Selatan belok ke barat sampai dengan pertigaan kampung Dusun Tlogo belok ke utara berhenti di tempat penyembelihan bekakak ke dua di Gunung Gamping dan perebutan gunungan hasil bumi buah sayur oleh masyarakat. Giat dan acara selesai dengan aman dan lancar.
via fb : PolsekGamping

Leave a Reply

Your email address will not be published.