Nama Desa Maroko di Jabar ini Viral saat Piala Dunia 2022

Sebuah nama desa di Garut, Jawa Barat, viral di media sosial setelah Tim Maroko menang atas Spanyol dan melaju ke babak 8 besar dan lolos masuk semi final Piala Dunia 2022. Maroko merupakan negara asal Afrika Utara yang tampil impresif di turnamen empat tahunan edisi ke-22 ini. Secara geografis Maroko bertetangga dengan Spanyol, negara Eropa.

Desa yang viral di internet tersebut bernama Desa Maroko. Desa Maroko ini berada di kecamatan Cibalong, Jawa Barat. Nama desa ini viral karena timnas Maroko, negara di Afrika, tampil luar biasa di Piala Dunia 2022. Desa Maroko di Kecamatan Cibalong, Garut Jawa Barat viral, karena nama desa tersebut sama dengan nama negara peserta pada Piala Dunia 2022.

Desa Maroko (Desa Maroko masuk wilayah Kecamatan Peundeuy) sendiri berada daerah terpencil di antara Kecamatan Peundeuy dan Kecamatan Cibalong. Desa berpenduduk 5.980 jiwa tersebut mayoritas penyuka sepakbola. “Apalagi anak-anak muda, kami punya tim sepakbola yang kerap ikut dalam berbagai even sepakbola di Garut,” ucapnya. Sementara Itu, Desa Maroko sendiri dulu berasal dari nama Kampung yaitu Kampung Maroko. Suryana menjelaskan bahwa penamaan Maroko sendiri menurut cerita orang tua karena kepala Desa Maroko pertama berasal dari Maroko pada tahun 1964.

Kantor Desa Maroko Foto Google
Kantor Desa Maroko Foto Google

Kantor Desa Maroko

Tak mau kalah Ridwan Kamil ikut meramaikan nama desa Maroko yang viral tersebut. Ridwan mengunggah foto kantor desa Maroko dari tangkapan layar di HP. Ridwan kami juga menambahkan keterangan dengan bahasa sunda: “Untuk warga Maroko. Ngiring bingah pisan [Ikut bahasia sekali]. Mugia juara di Piala Dunia ayeuna [Semoga bisa jadi juara di Piala Dunia sekarang].” tulis Ridwan pada Rabu (7/12/2022).

Unggahan Ridwan ini disukai 132 ribu akun dan mengundang komentar 1.966 orang hingga Minggu (11/12/2022) pagi. Sebagian besar komentar di unggahan Ridwan tersebut berisikan hal-hal menghubur. Beberapa komen lucu dan menhibur antara lain seperti :
masirsyad_ Wih ternyata ini resep kemenangan semalem.
firmarei_realestate : maroko tidak baik untuk kesehatan pak ridwan. Maksdunya (Merokok) tidak baik untuk kesehatan pak ridwan.
aep_aldafa : Pantesan di pom bensin daerah saya Plang Di larang Maroko di cabut.
harypusaka : Dari Sabang sampai Maroko
pdpa__ ; Sebagai warga Indonesia,Kota harus mendukung Maroko Karna Maroko adalah bagian wilayah dari Indonesia,Karna ada pepatah yg mengatakan “Dari Sabang sampai Maroko”

Di babak grup Piala Dunia 2022, Maroko tergabung di Grup F dan menjadi pemuncak klasemen. Pada babak 16 besar Maroko bertemu dengan Spanyol dan akhirnya menang 3-0 lewat drama adu penalti. Maroko menjadi negara Arab pertama yang melaju hingga babak perempat final Piala Dunia.

Pada babak delapan besar Maroko akan bentrok dengan Brasil pada Jumat (9/12). Maroko ingin mencipta sejarah dari laga ini dengan menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke semifinal.

Loading

Leave Your Comment