Air Terjun Penawangan di Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Indah dan Menawan

Air Terjun Penawangan di Srunggo Imogiri, Sangat Indah Menawan

Imogiri adalah sebuah kota kecil di Yogyakarta, Indonesia. Kapanewon Imogiri yang ada di ujung Selatan Kota Yogyakarta menyimpan banyak potensi. Imogiri ini dikenal dengan Makam Raja sebagai tempat peristirahatan akhir dari banyak Raja-raja di Jogja, termasuk Raja-Raja Mataram dan Sultan Hamengkubuwono. Makam Raja-Raja (Pajimatan), yang juga merupakan salah satu tempat wisata populer di daerah tersebut.

Selain itu, Imogiri juga memiliki beberapa bangunan bersejarah dan tempat-tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Selain ada aneka kerajinan seperti batik tulis, kerajinan keris, tatah sungging, banyak destinasi wisata alam yang indah. Salah destinasi wisata adalah Air Terjun Penawangan yang berada , Air Terjun Musiman ini ada Srunggo, Selopamioro, Imogiri.

Video Air Terjun Penawangan Srunggo

Ini Di Bantul Loh Guys !! Wow Kagum Air Terjun Penawangan Srunggo salah satu judul Video di Kanal Travel and Food dari Juna. Keindahan Air Terjun Penawangan Srunggo, Goa Cerme, alamat lokasinya ada di Dusun Srunggo 1, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Air terjun ini masih dalam tahap pengembangan oleh warga jadi fasilitasnya belum komplit, namun sudah ada warung dan tempat parkir motor.

Air Terjun Penawangan Srunggo salah satu judul Video (Youtube Travel and Food)

Perjalanan ke Lokasi Air Terjun Penawangan

Perjalanan ke lokasi bisa dimulai dari Jogja, dari Terminal Giwangan Yogyakarta berjakarak 18km bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu 40 menit. Jalan ke selatan di Jl Imogiri Timur akan sampai di jembatan Siluk. Setelah jembatan ini ada pertigaan ambil kanan ikuti jalan beraspal yang menanjak menuju arah Goa Cerme, ada papan petunjuk yang mengarahkan menuju lokasi Air Terjun Penawangan.

Tiket masuk Air Terjun Penawangan Srunggo

Biaya masuk ke wistara ini gratis. Saat ini Desember 2022, Tidak ada tiket masuk (biaya masuk) di obyek yang sedang viral di medsos ini, pengunjung hanya disediakan kotak dan memasukkan dana pemeliharaan seikhlasnya.

Perjalanan di Lokasi

Bila mengendarai roda empat parkir dibawah dan berjalan kaki sekitar 1 km, jika naik sepeda motor langsung bisa menyusur jalan corblok yang dan akan disambut petugas parkir. Dari tempat parkir roda dua pengunjung berjalan kaki sekitar 500meter di jalan setapak di pinggir sawah. Jalan setapak dengan jalan tanah ini agak licin. Kelelahan menempuh perjalanan tersebut akan terbayar begitu melihat lokasi air terjun dengan aliran dari Goa Cerme. Aliran air terjun yang jernih, dipadu dengan bongkahan bebatuan berlatar belakang alam hijau menumbuhkan rasa senang dan bahagia.

Penjelasan pengelola Wisata

Adi salahsatu pengelola jelaskan jika secara resmi obyek belum dilaunching. Air terjun mulai ramai awal November 2022. Melihat banyaknya pengunjung, warga Srunggo tergerak untuk membersihkan lokasi, buat akses jalan setapak ke puncak air terjun. Namun sampai saat ini (Desember 2022) lokasi belum tertata sempurna, Sabtu-Minggu warga menggunakannya untuk menyambut pengunjung. Rata-rata pengunjung yang datang untuk membuktikan lokasi yang masih baru ini.

“Karena Sabtu Minggu ada banyak yang (wisatwan) datang, kita fokus menyambut mereka dahulu. kerja bakti kebersihan dan penyiapan obyek sedikit terhambat. Upaya pembenahan yang kita lakukan adalah memasang banner sebagai papan petunjuk menuju obyek,” tutur Adi, Minggu (4/12/2022).

Adi menambahkan, masyarakat menambahkan nama dusun Srunggo di belakang nama air terjun sebagai upaya menyatukan masyarakat Srunggo 1 dan Srunggo 2 agar lebih kompak. Terkait dengan pengelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), untuk saat ini warga belum memikirkan, karena fokus dulu menata lokasi agar makin sempurna barulah bikin Pokdarwis.

“Kami akan buktikan dulu bahwa masyarakat secara swadaya bisa bangun wisata baru dan ada perubahan ekonomi masyarakat. Setelah itu baru kami membentuk Podarwis. Namun tetap mengharap pihak Kalurahan, Kapanewon dan Dinas Pariwisata memperhatikan sehingga wisata akan bertambah maju dan lebih baik lagi,” pungkas Adi.

Cerita Pengujung Air Terjun Penawangan Srunggo

Salah satu pengunjung dari Srigading Sanden, Sutanto senang saat bisa sampai di air terjun yang lagi ramai dan viral di medsos. Penyuka wisata alam ini selalu penasaran ingin sekali membuktikan lokasi yang baru dan istagramable seperti Air Terjun Penawangan Srunggo.

“Setelah beberapa waktu lalu kita membuktikan air terjun Pucung Seloharjo Pundong, Kedung Tolok Kajor Kulon Selopamioro, sekarang giliran membuktikan wsiata air terjun di kaki Goa Cerme. Ternyata terbukti benar masih alami, mulai puncak air terjun sampai di bagian bawah airnya bening. Berada di lokasi ini hati rasanya adem, tenteram, menikmati air terjun dan hijaunya pepohonan, udaranya sejuk dan pemandangan indah menawan,” ungkap sutanto senang.

Setelah kaki lelah menapaki jalanan setapak, pengunjung bisa menikmati kuliner sederhana dari warga masyarakat, berupa aneka minuman dan makanan dengan harga murah.

Catatan Dinas Pariwisata Bantul

Air Terjun Penawangan Srunggo berada di Srunggo 0l RT 07, Selopamioro, Imogiri lebih tepatnya di bawah Gua Cerme. Air terjun ini adalah air terjun musiman dan pas jika dikunjungi saat musim hujan atau maksimal 2 bulan setelahnya. Lokasi bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dari parkir mobil, masih harus jalan sekira 400m sedang jika memakai motor piknikers harus jalan sekitar 250m untuk mencapai puncaknya. Untuk mencapai puncaknya bisa berjalan melewati jalur setapak di pinggiran sawah. Begitu sampai di puncak akan terasa kesegaran udara dan airnya. Di sekitar air terjun ini juga bisa berkemah.

Sumber : Sutanto via retizen.republika.co.id dan FB Dinas Pariwisata Bantul dan IG: @blusukanbantul, @Merapi_uncover

Loading

Leave Your Comment