Akhir Tahun, Pabrik BH di Bantul Terbakar

Rilis Informasi yang diterima Redaksi. Pada hari Sabtu, tanggal 31 Desember 2022 sekira pukul 10.10 WIB di PT Busana Remaja Agracipta Bantul d/a. Jonggrangan RT.05, Babadan, Bantul, Kapanewon Bantul, Bantul telah terjadi kebakaran diduga terjadi akibat konsleting listrik, karena sebelumnya terdapat aktifitas pemindahan mesin produksi.

Sementara itu siang tadi Bupati Bantul langsung meninjau dan memberikan support kepada petugas pemadam kebakaran beserta jajaran yang lainnya ke lokasi kebakaran. Semoga yang terdampak atas kejadian ini diberikan kesabaran dan ketabahan. Tulis akun FB Pemda bantul.

Bupati Bantul cek lokasi Kebakaran (Fb Pemda Bantul)

Dari rilis informasi yang diterima, didapatkan informasi sebagai berikut : Korban jiwa nihil, Korban ringan
A. Korban : Shyam Lal Uttam, India, TTL 01 Februari 1949, 73 Thn, Hindu, d.a Perum Citra Raya Blok M.3/08 Rt 17 Raw 02 Dukuh Cikupa Tangerang Banten. (Direktur Utama sekaligus pemilik PT. Busana Remaja Agracipta).

Kebakaran Pabrik BH di bantul (Foto Istimewa)

B. Korban Karyawan : Sulfianti, 32 Thn, Perenpuan, Islam, Karyawan swasta, d.a Deresan Rt 03 Ringinharjo Bantul, catatan karyawan tersebut dibawa oleh PMI Kab. Bantul ke RS PKU Muh. Bantul karena sesak napas akan tetapi masih dalam sadarkan diri.

C. Keterangan Saksi :

  1. Berdasarkan keterangan saksi Sdr. Suradi sekira pukul 10.10 WIB saksi yang saat itu berada di lantai 1 mendapat informasi dari sdr. Rully yang sedang berada diluar gedung bahwa di lantai 2 terdapat kebakaran, melihat api sudah membakar kain saksi mengambil alat pemadam sampai 2x akan tetapi tidak bisa dipadamkan kemudian saksi memanggil rekan kerja karyawan yang lain untuk membantu memadamkan.
  2. Berdasarkan keterangan Saksi Sdr. Rully bahwa pada saat saksi beristirahat bersama dengan team sebagiannya, tiba” melihat asap hitam yang sudah mengepul, kemudian saksi dan teamnya lari untuk menggambil apar guna memadamkan api, namun api sudah terlanjur besar sehingga tidak bisa diapdamkan dengan apar dan merembet ke bagian lain. Berdasarkan keterangan saksi, dibagian cutting dan laminating sedang ada pengerjaan, dimana dilantai tepat dilantai 2 terdapat gudang busa dan kain.

D. Kronologi : Sekira pukul 10.10 WIB, pada saat karyawan PT Busana Remaja sedang beristirahat tiba” terlihat kepulan asap dari salah satu cerobong asap di atas gedung cutting dan laminating. Selanjutnya para saksi mengambil apar guna memadamkan api, namun karna kobaran api yang terlanjut besar maka api tidak dapat dipadamkan menggubakan apar, dan merembet membakar tumpukan kain yang berada di gudang, karena pusat api berawal dari gudang kain yang berada di lantai 2.

Akibat kejadian tersebut sebagian besar bangunan gedung produksi dan mesin milik PT Busana Remaja mengalami kerusakan parah, dengan kerugian di tafsir mencapai 250 Miliyar Rupiah. Kejadian kebakaran sementara diduga karena adanya konsleting listrik disekitar gudang kain.

E. Kerugian Meteriel :

  1. Sekitar 700 unit alat produksi meliputi mesin dan sparepart.
  2. Solar Modul (alat penyimpan energi tata surya) 150 unit.
  3. Luas bangunan yang terbakar sekitar 75 m x150m (4.262m²), tembok bangunan bahan permanen atap rangka besi baja.

Sekira pukul 15.00 WIB, api sudah bisa dipadamkan oleh Team Pemadam Kebakaran Kab. Bantul gabungan dengan Damkar DIY l, BPBD, Tagana dan Dinsos Kab. Bantul dengan menggunakan 15 Unit truk pemadam kebakaran. Kebakaran diduga terjadi akibat konsleting listrik, karena sebelumnya terdapat aktifitas pemindahan mesin produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *