Polri Maksimalkan Evakuasi Kapolda Jambi

Polri Maksimalkan Evakuasi Kapolda Jambi

(Jambi) Polri Maksimalkan Evakuasi Kapolda Jambi. Kru bersama empat helikopter dari Polri, TNI AU, dan Basarnas dikirimkan untuk mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si., bersama rombongan di Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi, Selasa (21/2). Hingga selasa pagi ini, terhitung sudah 48 Jam Kapolda Jambi Bertahan di Hutan dengan Kondisi Patah Tangan. Kapolda Jambi dan rombongan dilaporkan masih dalam keadaaan sadar meskipun sudah 48 jam terjebak di dalam hutan.

Helikopter milik Polri dengan nomor register 412 SP Reg. P-3001 yang dinaiki Kapolda Jambi dan rombongan mendarat darurat di tengah hutan Bukit Tamiai. Sementara itu, untuk tim jalur darat telah dikirimkan 26 personel gabungan dari Brimob Polri, Dokpol, TNI, Basarnas, dan masyarakat komunitas pecinta alam. Dikutip dari IG @divisihumaspolri pagi ini 21/2/2023.

Kadivhumas Polri Dedi (Kepala Divisi Humas Polri, Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M) Terkait Update Evakuasi Heli di Jambi, Selasa 21 Februari 2023 pagi ini proses evakuasi akan dimaksimal dengan heli, dilakukan dengan menggunakan 4 heli sudah terbang jam 7.00 WIB pagi hari 21/2/2023 disertai dengan Tim medis di masing-masing heli. Heli milik Polri, TNI dan Basarnas. Kendala yang dihadapi TKP (taman Nasional) adalah kondisi medan yang sulit dan Cuaca kabut yang pekat. Kesulitan Heli menemukan lokasi yang tepa untuk bisa mendarat.

Tim evakuasi udara berpacu dengan waktu karena berdasarkan informasi dari BMKG, kawasan Kerinci itu akan mengalami kabut saat menjelang siang sehingga evakuasi terbaik dilakukan pada pukul 09.00-12.00 WIB. Sementara proses evakuasi menggunakan helikopter ini membutuhkan ruang terbuka sekitar 15 meter persegi agar hoist yang diturunkan tidak terganggu dan tidak ada partikel-partikel kecil seperti ranting yang mengenai korban.

Tim udara pagi ini ada 26 orang Polri, dari TNI, basarnas dan Komunitas. Prioritas evakuasi laka heli ini : Kapolda, kapten pilot dan Co Pilot dan 1 korban lain. Akan dicari tempat yang lebih landai lagi utnuk proses evakuasi, titik ini masih dicari ungkap Kadivhumas Polri Dedi pagi ini. PLTK merangin sebagai posko terdekat dengan jarak sekitar 15 menit dari lokasi kecelakaan Heli.

Di tengah guyuran hujan setelah menemukan titik pendaratan darurat Helikopter Polri Jenis Bell 412 Reg P-3001 yang membawa Kapolda Jambi beserta rombongan, tim evakuasi gabungan yang terdiri dari Satbrimob Polda Jambi, Polairud Baharkam Polri, Dokkes Polda Jambi beserta Basarnas memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan helikopter yang menderita luka-luka tersebut di Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi, Senin (20/2).

Alhamdulillah finally tmn2 bantuan sudah dapat mendarat dan menolong ya Pak.. tuh yg kemarin berisik kok pada gak turun kok makanan, obat2an, power bank cuma dilempar dari atas, dll, sabar dulu ya bapak2 ini sudah tau kapan dan bagamana saat yang tepat harus turun dan skrg alhamdulillah semuanya dpt tertolong. Lekas pulih yaa semua Aaaamiiin, Komen dari @sfitarini di IG @divisihumaspolri

@divisihumaspolri juga menambahkan @sfitarini Terimakasih Sobat Polri, perlu diketahui memang medan yang berat dan cuaca yang tidak mendukung membuat proses evakuasi menjadi terhambat. Atas ijin Allah SWT, Alhamdulillah Bapak Kapolda Jambi beserta personel lainnya selamat dan sehat. Semoga Tim SAR gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan Basarnas maupun Korban helikopter milik Polri dengan nomor register 412 SP Reg. P-3001 senantiasa diberikan kesehatan, perlindungan serta kelancaran dalam Evakuasi tersebut.

Loading

Leave Your Comment