Viral, Video Benda Terang Melewati Gunung Merapi, Ada Apa?

Viral, Video Benda Terang Melewati Gunung Merapi, Ada Apa?

Sebuah video yang memperlihatkan benda terang melintas di atas Gunung Merapi viral di media sosial, mulai dari Instagram hingga Twitter. Salah satu videonya diunggah oleh akun Instagram @merapi_uncover pada Kamis (16/3/2023). “Ada sesuatu yang melewati Merapi pada pukul 22:14 WIB. Namun hingga unggahan ini, masih belum diketahui secara pasti cahaya terang apa itu,” tulis pengunggah. Pengunggah mengatakan bahwa rekaman tersebut didapat dari CCTV. “Dari CCTV Freekon DIY,” katanya.

Hingga Jumat (17/3/2023), postingan tersebut telah dilihat lebihd ari 1 juta kali oleh netizen dan disukai hingga 7000 lebih pengguna Twitter. Lantas, benda terang apa yang melintas di atas Gunung Merapi?

Penjelasan dari BPPTKG Kepala Pusat Teknologi Penyelidikan dan Pengembangan Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan benda terang yang melintas di atas Gunung Merapi pada Kamis (16/3/2023) malam. Pasalnya, dari pantauan CCTV Gunung Merapi, tidak terlihat adanya objek terang yang melintas pada waktu dan hari yang ditentukan. “Visual kamera CCTV BPPTKG berkabut dari Tunggularum dan Pos Ngepos (tidak ada benda terang yang melintas),” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (17/3/2023).

Rekaman CCTV di Stasiun Pangukrejo hingga Jrakah menunjukkan hasil yang sama. “Tidak terlihat,” kata Agus. Ia mengatakan, rekaman benda terang yang melintas di atas Gunung Merapi itu tidak didapat dari pantauan CCTV BPPTKG. “Itu bukan dari lokasi stasiun kami. Sepertinya milik masyarakat,” ujarnya.

Secara terpisah, Andi Pangerang dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengaku tidak bisa mengidentifikasi benda terang yang melintas di atas Gunung Merapi pada Kamis (16/3/2023). ) malam. “Benda yang melintas di atas Gunung Merapi pada Kamis (16/3/2023) pukul 22.14 WIB arah barat laut belum kami konfirmasi,” kata Andi saat dihubungi Kompas, Jumat (17/3/2023). ). Ia mengaku butuh waktu lebih lama untuk meneliti objek terang yang melintas di atas Gunung Merapi itu.

“Sampaikan kepada masyarakat bahwa kami tidak memantau langit selama 24 jam,” katanya. Baca Juga: Viral, Video Dua Benda Terang di Langit di Pekanbaru, Penjelasan BRIN Dikonfirmasi Bukan ISS, Meteor, dan Planet Di sisi lain, Andi memastikan benda terang yang melintas di Gunung Merapi bukanlah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) seperti yang telah disebutkan sebelumnya. “Setelah kami cek, kami mencari posisi ISS pada tanggal dan waktu tersebut. Posisinya masih di bawah ufuk dan arahnya ke tenggara, bukan ke arah barat laut,” jelas Andi.

Andi juga mengungkapkan bahwa objek terang tersebut bukanlah komet, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa komet banyak ditemukan di arah barat laut. “Namun komet yang diamati cukup redup dengan magnitudo atau kecerahan lebih dari +12, yang sulit diamati oleh kamera CCTV infra merah biasa,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *