Umat Hindu Se-DIY Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo Kretek Bantul

Umat Hindu Se-DIY Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo Kretek Bantul

Umat Hindu Se Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan Upacara Melasti di Pantai Parangkusumo Kretek Bantul, Sabtu, 18/03/2023. Melasti merupakan salah satu rangkaian Perayaan Nyepi yang bertujuan untuk membersihkan segala kotoran badan dan pikiran (bhuna alit) dan jata serta upacara (bhuana agung) melalui prosesi spiritual keagamaan akibat perputaran karma selama satu tahun yang penuh dengan berbagai intrik, gejolak, nafsu dan berbagai perbuatan buruk atau negatif terhadap alam dan manusia, tulisa akun FB Pemkab Bantul.

Upacara Melasti adalah salah satu upacara keagamaan yang dilakukan oleh umat Hindu di Indonesia, khususnya Bali. Upacara ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka, yang jatuh pada bulan Maret setiap tahunnya.

Baca Juga : Polres Sleman dan Polsek Gamping mengerahkan 136 Personil amankan Kirab Ageng Tradisi Adat Saparan Bekakak 2022

Upacara Melasti biasanya dilakukan beberapa hari sebelum Hari Raya Nyepi. Pada upacara ini, umat Hindu membersihkan dan memurnikan arca-arca dan benda-benda suci yang ada di pura-pura (tempat ibadah) mereka dengan membawanya ke laut atau sungai terdekat. Tujuan dari upacara ini adalah untuk membersihkan roh dan memperoleh kesucian.

Upacara Melasti juga dianggap sebagai wujud syukur kepada Sang Hyang Widhi (Tuhan) atas karunia-Nya yang diberikan kepada umat manusia. Selain itu, upacara ini juga dianggap sebagai upacara pembuka atau penyucian sebelum memasuki tahun yang baru dalam kalender Saka. Di samping itu kita memohon tirta amerta untuk kesejahteraan pribadi dan umat manusia. Penyucian ini tidak hanya pada alam semesta melainkan semua insan Hindu yang harus menyucikan diri dan lingkungannya masing-masing.

Loading

Leave Your Comment