Gempa Bantul 6SR, Bupati dan Gubernur DIY Cek Korban

Gempa berkekuatan 6 skala richter mengguncang Bantul dan sekitarnya pada Jumat malam (30/6/2023). Berpusat 86 Km Barat Daya Bantul, BMKG telah memastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Kendati demikian, hal ini tetap meningkatkan kewaspadaan masyarakat Bantul mengingat Bantul memiliki potensi gempa. Apalagi, kabupaten ini pernah diguncang gempa hebat pada 2006 silam.

Maka, tak heran apabila gempa pada Jumat malam tersebut mengingatkan sejumlah masyarakat Bantul tentang gempa 2006. Salah satunya adalah Ponem, warga Bangen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Lansia 80 tahun ini mengaku gemetar ketika gempa mengguncang. Ingatan tentang gempa 2006 terlintas dalam kepala. Terlebih, pada gempa kali ini, dinding belakang rumahnya ambrol dan menghancurkan dapur.

Sebagai tindak lanjut dari dampak tersebut, Bupati Bantul dan Gubernur DIY meninjau langsung kediaman Ponem pada Sabtu (1/7/2023). Menggandeng Dinas Sosial Bantul, BPBD, dan BMKG, rombongan ini mengecek struktur rumah dan memberikan bantuan yang diperlukan.

Berdasarkan data dari BPBD, kediaman Ponem adalah salah satu rumah terdampak dari 106 rumah rusak akibat gempa semalam. Dari jumlah tersebut, 102 rumah dikategorikan rusak ringan. Sementara empat lainnya rusak sedang. Menanggapi hal ini, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengimbau masyarakat untuk bergotong-royong mengatasi rumah rusak berkategori ringan.

“Mayoritas ini rusak ringan. Untuk itu, mari bergotong-royong, bahu membahu mengatasi hal ini,” ujar Sultan.

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menambahkan bahwa untuk saat ini Kabupaten Bantul masih sanggup menyelesaikan penanggulangan bencana secara internal. Ia yakin penyelesaian ini dapat terlaksana dalam waktu dekat.

“Kami berterima kasih sekali kepada sejumlah pihak yang dalam beberapa jam terakhir mengungkapkan kebaikan dengan menawarkan bantuan. Namun, hingga saat ini, Kabupaten Bantul masih sanggup mengatasinya secara internal,” jelas Halim.

Di sisi lain, dampak gempa ini tidak hanya rumah dan bangunan rusak. Khusus di Kabupaten Bantul, sejumlah korban mengalami luka dan satu orang dilaporkan meninggal dunia.

Info via Pemda Bantul

Loading

Leave Your Comment