Pengabdian UMBY: Mengenalkan Aplikasi Parental Control untuk Kendalikan Gadget Anak

Pengabdian UMBY Mengenalkan Aplikasi Parental Control untuk Kendalikan Gadget Anak

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah memperkenalkan dan memberikan pelatihan tentang aplikasi parental control yang berfungsi untuk mengelola waktu penggunaan gadget oleh anak. Kegiatan ini dipimpin oleh dosen Prodi Informatika UMBY, Arita Witanti, dan anggotanya termasuk dua dosen prodi Psikologi UMBY, yaitu Triana Noor Edwina dan Dewayani Soeharto. Pengabdian ini telah berjalan selama tiga tahun di TKIT Mekar Insani Minggiran, Kota Yogyakarta.

“Arita Witanti Dosen Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta menjelaskan, dari hasil kuesioner pada pengabdian sebelumnya, tema yang dibutuhkan oleh orang tua dan pengajar adalah tentang kendali penggunaan gadget dan menonton televisi,” Rabu (26/7/2023).

Kegiatan pengenalan aplikasi parental control ini dilaksanakan pada Sabtu (22/7/2023) dan ditujukan kepada pengajar TKIT Mekar Insani. Peserta diberikan pengetahuan praktis mulai dari instalasi hingga pengaturan aplikasi. Aplikasi ini dianggap tidak sulit tetapi masih jarang digunakan, padahal sangat bermanfaat untuk mengontrol waktu penggunaan gadget anak dan mencegah dampak berlebihan dari paparan gadget.

baca juga : Universitas Mercu Buana Yogyakarta : Info Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang Ke-2

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 17 pengajar TKIT Mekar Insani dan beberapa wali siswa. Tim PkM memberikan tutorial secara langsung dan praktek selama lebih dari tiga jam. Selain tentang screen time, juga ada materi tambahan tentang Microsoft Excel untuk pengayaan kemampuan guru-guru TK.

Kepala Sekolah TKIT Mekar Insani, Zenny Savitri, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan pengajar tentang teknologi terkini, khususnya manajemen screen time. Dia berharap pelatihan mendatang akan menyertakan materi pendekatan parenting dari sisi psikologi untuk orang tua terkait dengan manajemen screen time anak.

Menurut Zenny, pelatihan ini mendapat tanggapan positif dari wali siswa TKIT Mekar Insani, di mana mereka sekarang dapat mengatur screen time anak dan mengelola penggunaan gadget oleh orang tua dan anak dengan baik. Dengan menggunakan aplikasi parental control, kesulitan dalam mengatur penggunaan gadget pada anak dapat diatasi.

Loading

Leave Your Comment