Bapanas dan Fakultas Agroindustri UMBY Gelar Bazar Pasar Murah dalam Agroindustry Expo

Pasar pangan Murah dan Senam Sehat di UMBY 2023

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-37 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dan Hari Pangan Sedunia, Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengadakan Agroindustry Festival yang terdiri dari Kuliah Umum tentang Ketahanan Pangan oleh Direktur Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), yaitu Maino Dwi Hartono, S.TP., MP., pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Acara ini mencakup Agroindustry Expo dan Bazar Pasar Murah.

Agroindustry Expo kali ini diikuti oleh 10 Pemenang Kompetisi Mahasiswa tingkat nasional, 4 HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) dari Program Studi Agroteknologi, Program Studi Peternakan, Program Studi Teknologi Pangan, Program Studi Magister Ilmu Pangan, dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Agroindustri, serta melibatkan 10 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) alumni dan 20 UKM yang tergabung dalam Asosiasi Pasar Tani (ASPARTAN) DIY.

Selain itu, Bazar Pasar Murah didukung oleh Badan Pangan Nasional dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, dan akan menampilkan 11 distributor sembako. Bazar ini bertujuan untuk menjual 9 bahan pokok dengan harga lebih rendah dibandingkan dengan harga pasar, seperti beras yang dijual dengan harga Rp. 10.200 per kilogram dan minyak goreng seharga Rp. 12.700 per liter.

BAPAN, ID Food, Rektor, Yayasan membuka Pasar pangan Murah dan Senam Sehat di UMBY 2023

Dekan Fakultas Agroindustri, Dr. Ch. Lilis Suryani, S.TP, MP, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat agrosociopreneurship mahasiswa, yang merupakan salah satu fokus utama pembelajaran di Fakultas Agroindustri. Konsep agrosociopreneurship tidak hanya diajarkan secara teori, tetapi juga diwujudkan melalui praktik berwirausaha di dalam kampus, dengan dukungan fasilitas seperti teaching farm, UPT Kebun, Laboratorium Rekayasa, dan Pilot Plant, serta rencana pembangunan teaching factory di masa mendatang. Pembelajaran di Fakultas Agroindustri UMBY menekankan integrated agriculture system, yang mencakup seluruh tahap pertanian, peternakan, pengolahan hasil pertanian, hingga distribusi. Harapannya, lulusan dari fakultas ini akan memiliki pemahaman holistik dalam mengelola agroindustri dan berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat.

Kegiatan Agroindustry Expo juga bertujuan untuk membantu UKM petani dalam memasarkan produk mereka dan memberikan akses masyarakat sekitar Kampus I UMBY kepada sembako dengan harga terjangkau. Mengingat adanya peristiwa El Nino yang berdampak pada kegagalan panen dan kenaikan harga sembilan bahan pangan pokok, Fakultas Agroindustri UMBY bersama dengan Bapanas dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY berkomitmen untuk menyelenggarakan Gerakan Pasar Murah 2023. Harapannya, kegiatan ini akan mendukung ketahanan pangan terutama di daerah Kapanewon Sedayu dan sekitarnya.

Loading

Leave Your Comment