Penyuluhan Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu PKK

KKN-PPM-UMBY-2022.jpg

(Argomulyo – Sedayu.net) Kamis, (11/08/2022) telah dilaksanakan penyuluhan bagi ibu PKK desa Argomulyo sebagai salah satu wujud rangkaian pelaksanaan program kerja dari kelompok 6 KKN-PPM MANDIRI Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara offline pada pukul 16.00-17.30 WIB bertempat di pendopo bulak pacar Jogja Youth Farming Argomulyo.

Adapun topik yang diangkat adalah manajemen waktu sebagai ibu rumah tangga dan individu yang diikuti oleh 22 partisipan dari kelompok Ibu PKK Desa Argomulyo dan 10 Mahasiswa dari kelompok KKN UMBY. Pada acara penyuluhan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran bagaimana menjadi seorang ibu yang berdaya.

Baca Juga : KKN-PPM UMBY dampingi Transformasi Digital UMKM di Wonocatur, Banguntapan

Pada acara tersebut dibuka dengan sambutan Miftahul Huda sebagai ketua kelompok 6 KKN-PPM MANDIRI dan dilanjutkan sambutan dari Ibu Lurah sebagai perwakilan dari kelompok Ibu PKK Desa Agromulyo yakni Ibu Susiastanti. Yang dalam sambutanya mengatakan bahwa pengangkatan topik manajemen waktu sebagai ibu rumah tangga dan individu merupakan sebuah hal penting mengingat peran ibu dalam keluarga sangatlah krusial.

“Saya mengucapkan terimaksih kepada KKN kelompok 6 UMBY yang telah menyelenggarakan acara ini dan saya berharap dengan adanya penyuluhan ini bisa membuat kita lebih tahu jelas tentang bagaimana menjadi seorang ibu yang mampu berdaya bagi diri sendiri dan keluarga,” ungkap Ibu Susiastanti (Ketua PKK Desa Argomulyo).

Pada acara tersebut menghadirkan Dosen Fakultas Psikologi UMBY yakni Ibu Angelina Dyah Arum S, M.Psi. Psikolog sebagai pemateri. Materi yang disampaikan dalam perspektif psikologis yang diantaranya membahas tentang menjadi ibu, wanita rentan stress, dampak stress pada wanita dan ibu, bagaimana menjadi ibu yang berdaya, dan teknik berkomunikasi yang baik dalam keluarga.

Baca Juga : Gandeng Psikologi UMBY, Kelurahan Argomulyo seleksi Dukuh

“Untuk menjadi seorang ibu yang berdaya perlu adanya komunikasi yang baik didalam keluarga, komunikasi yang baik tidak hanya berlaku kepada suami dan istri saja tetapi juga bisa diterapkan kepada anak untuk meminimalkan perilaku yang tidak diinginkan sehingga setidaknya hal tersebut dapat meringankan beban dari seorang ibu” ungkap Ibu Angelina Dyah Arum S, M.Psi Psikolog.

kegiatan KKN PPM UMBY 2022-humas
Kegiatan KKN PPM UMBY 2022 (Humas UMBY)

Dalam acara penyuluhan ini adalah sebagai bentuk pengamalan Tridharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dengan harapan kegiatan ini dapat memotivasi dan menambah pemahaman menjadi ibu rumah  tangga dan individu yang berdaya dalam menciptakan keharmonisan keluarga.

Loading

Leave Your Comment