Terjadi kecelakaan di Tanjakan Bibis, Girimulyo Kulon Progo

Kecelakaan di Tanjakan Bibis Kulonprogo

Terjadi kecelakaan di Tanjakan Mbibis, Kulon Progo. Sebuah Pikap Terjun ke Jurang 100 meter di Tanjakan Bibis Kulon Progo. Memang Ngeri, Mobil Pikap Terjun ke Jurang yang dalam di Tanjakan Bibis Kulon Progo. Mobil Mobil Pick warna Putih ini Up Carry Terperosok ke dalam Jurang di Tanjakan Bibis Kulon Progo, ada 4 Orang Luka Ringan. Lokasi kecelakaan di Tanjakan Bibis, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Sebuah mobil pikap terjun ke jurang sedalam 100 meter di kawasan tanjakan Bibis, Kalurahan Giripurwo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Polisi mengungkapkan, kawasan tersebut termasuk daerah rawan kecelakaan karena kondisi jalur yang ekstrem. “Di tanjakan Bibis ini sudah sering terjadi kecelakaan karena tidak hati-hati, terus jalannya terlalu menanjak, ke bawahnya juga terlalu curam,” kata Bhabinkamtibmas Giripurwo, Aipda Kustapa, saat diminta konfirmasi oleh wartawan Selasa (26/4/2022).

Tanjakan Bibis terletak di Jalan Raya Kaligesing, Girimulyo. Jalan Kaligesing merupakan jalur alternatif menuju Purworejo via perbukitan Menoreh. Jalan ini juga menjadi jalur utama menuju sejumlah objek wisata seperti Gua Kiskendo, wahana air alami Taman Air Sungai Mudal, Kedung Pedut, dan sebagainya.

Menurut Yoyok Saputro “Kendaraan dan korban warga samigaluh kulon Progo, tidak ada korban jiwa dan korban luka sudah dibawa ke Rumah sakit terdekat”

Penyebab kecelakaan belum dapat dipastikan apakah karena tidak kuat menanjak atau karena rem blog atau hal lain. Kronologi yang disampaikan Apida Kustapa via Detik : mobil dari arah timur ke barat menuju tanjakan Bibis karena tidak kuat kemudian pas di tikungan mobil terperosok jatuh masuk ke jurang sedalam 100 meter.

Bhabinkamtibmas Giripurwo, Aipda Kustapa mengatakan kecelakaan bermula saat mobil pikap bernomor polisi AB-8128-HC yang berisi seorang sopir dan 3 penumpang melaju dari arah timur ke barat sekitar pukul 14.00 WIB, siang tadi. Adapun identitas sopir Ginanjar Wahyu Wibowo (19), sementara 3 penumpang adalah Sulis Triyanto (36), Taufik Hidayat (30), dan Wahid (34), seluruhnya warga Samigaluh.

Proses Evakuasi

Sekitar jam 20.00 Proses Evakuasi Mobil masih berlangsung oleh petugas gabunngan dan relawan. Proses evakuasi terlihat tidak mudah karena mobil masuk ke jurang yang cukup dalam dan ringsek.

Proses Evakuasi (TRC BPBD DIY)

Tanjakan Ekstrem di DIY

Tanjankan Bibis adalah salah satu tanjakan ekstrem di DIY. Berikut ini adalah 4 tanjakan ekstrem yang biasanya sering dilalui untuk menuju tempat wisata di sekitar Yogyakarta:

  1. Tikungan Slumprit, Patuk, Gunungkidul
  2. Tanjakan Bibis, Kulon Progo
  3. Tanjakan Cinomati, Pleret, Bantul
  4. Tanjakan Clongop, Gedangsari, Gunungkidul

Kecelakaan sebelumnya disekitar Tanjankan Bibis

Berikut kecelakaan yang pernah terjadi di sekitar tanjakan Bibis Girimulyo ini :

  • Rabu, 18 Agustus 2021 jam 13.00 WIB: Sebuah Kecelakaan tunggal Mobil memuat Semen, Jalan Kenteng Nanggulan – Girimulyo di Dusun Bulu RT 102/39, Giripurwo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tidak ada korban jiwa pada insiden di tanjakan Bibis ini, dua orang dilaporkan terluka.
  • Sabtu 29 Januari 2022, Kecelakaan Truk tidak kuat menanjak terperosok di Tanjakan mBibis, Girimulyo. Truk Mitsubishi PS 120 warna kuning nopol S 8128 NF. Sumber : panoramakulonprogo dan sorotankulonprogo.
  • Jumat 27 Januari 2022 sore, di Tanjakan Bibis, Girimulyo. Sebuah mobil pickup bermuatan telur ayam sebanyak 160 kotak tak kuat nanjak dan mlorot mundur. Kondisi waktu kejadian cuaca hujan ringan, tidak ada korban jiwa, kernet mengalami luka pada kaki kiri karena terjatuh saat berusaha mengganjal mobil. (Sumber : panoramakulonprogo)
  • 16 Januari 2016, Kecelakaan mobil minibus mlorot tanjakan bibis giripurwo, girimulyo, tidak ada korban. Sumber : FB info.cegatan.jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published.