Sering Kejadian, Balok Pembatas (Kansteen ) Jalan Lepas

Sering Kejadian, Balok Pembatas (Kansteen ) Jalan Lepas

Sebuah posting dari Ivan Kristianto di Group FB ICJ, (Minggu 26/6/2022) menginformasi agar HATI-HATI bila melalui ringroad selatan ke arah Pasar Gamping (Dekat Lampu Lalu Lintas Pasar Gamping). Terutama yang lewat jalur motor dari arah selatan ke arah utara (Gamping/Pasar Gamping). Pada jalur motor, ada batu blok (Kansteen) yang menghalangi di jalur motor. Hal ini bisa membahayakan pengguna jalur motor tertentunya, ditambah warna blok hampir sama dengan warna jalan. Kalau dari arah selatan, bisa-bisa membahayakan.

Kansteen adalah material beton precast yang umumnya dipakai untuk pembatas batu jalan, taman maupun trotoar. Selain memiliki fungsi untuk pengguna jalan raya sendiri keberadaan kansteen juga mampu memperindah jalan raya.

Baca Juga : Kecelakaan Jl Ring Roud-jogja 20 juli 2022

Menurut mas-mas penjual tiket bus di daerah itu, blok batu itu “keluar jalur” karena habis ditabrak mobil. Sempat terjadi hal serupa dan sudah dipindahkan secara swadaya oleh warga setempat, tapi terjadi lagi sehingga blok batu “keluar jalur” lagi. Semoga bisa menjadi perhatian mas/mbak yang akan melintas di daerah ini agar lebih was-was dan dan tidak mengalami hal serupa seperti itu.

Sering Kejadian, Balok Pembatas (Kansteen ) Jalan Lepas
Sering Kejadian, Balok Pembatas (Kansteen ) Jalan Lepas

Iva sendiri baru saja nyaris mengalami insiden. Syukurnya hanya menyerempet sisi knalpot. Awalnya lewat biasa (untungnya tidak terlalu berada di lajur kanan), namun ada suara keras. Dia minggir dan cek knalpot ternyata bagian knalpot ada yang hilang. Saat dicek di dekat blok ternyata ada pecahan knalpot motor . Dia sudah coba memindahkan blok tapi memang sangat berat, setelah mengambil pecahan knalpot saya (agar juga tidak membahayakan). Sebagai informasi balok cor itu 1 berat bisa sekitar 70-80kg.

Baca Juga : Kecelakaan di Ring Road Barat berikut Informasi dari Polsek Gamping

Sering Kejadian, Balok Pembatas (Kansteen ) Jalan Lepas. Sudah pernah kejadian kaya gitu, dipindahin oleh warga setempat, trus ditabrak mobil jadi kaya gitu lagi. Tadi sendiri habis nyrempet sambil ambil pecahan knalpot inisiatif benerin, tapi memang berat banget tambah Ivan.

Ditempat lain sering juga Kansteen ini jadi tidak beratuan karena tertabentuk kendaraan umunya saat putar arau pidnah jalur. Jika posisi berubah kondisi ini sangat membahayakan, masyarakat kadang ingin membantu namun pemidnahan Kansteen tikda mudah untuk dilakukan dengan tangan kosong tanpa bantuan alat.

 148 total views,  1 views today

Sedayu Net
Author: Sedayu Net

Leave a Reply

Your email address will not be published.