Psikoedukasi untuk Anak, cegah Kecanduan Gadget

Psikoedukasi cegah Kecanduan Gadget Gadget itu Bestie atau Enemy?

Padukuhan Sabrang, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo menjadi salah satu lokasi KKN-PPM UMBY tahun 2022 ini. Waktu KKN 25 Juli 2022 – 25 Agustus 2022, ada kelompok KKN-PPM 09 dari UMBY yang ada di lokasi ini. KKN 9 ada disini sebagai bentuk KKN PPM mandiri dari Kelas karyawan di UMBY. Dalam satu kelompok KKN inia da 12 mahasiswa/i dari berbagai program studi antara lain : Psikologi, Akuntasi dan Informatika dari Kampus 2 dan kampus 3 UMBY.

KKN kali ini melaksanakan berbagai program yang disinergikan dengan program yang ada di masyarakat. Salah satu program KKN adalah Psikoedukasi cegah Kecanduan Gadget “Gadget itu Bestie atau Enemy“?. Fajar Priyambada dari mahasiswa psikologi, menjadi pembicara dan pemateri dalam acara Psikoedukasi terkait Mencegah Kecanduan Gadget yang berjudul “Gadget itu Bestie atau Enemy?” KB Parikesit, Padukuhan Sabrang hari Sabtu, 13 Agustus 2022.

Psikoedukasi cegah Kecanduan Gadget Gadget itu Bestie atau Enemy?
Psikoedukasi untuk Anak, cegah Kecanduan Gadget

Kegiatan dari proker psikologi yaitu psikoedukasi terhadap kecanduan gadget pasca pembelajaran dilaksanakan secara langsung tatap muka dan kegiatan ini juga di hadiri oleh bapak Imam Suharjo selaku DPL KKN-PPM 2022 kelompok 9 Sabrang, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo.

Kegiatan ini dijadwalkan pada Sabtu (13/8) Jam 15.00 – 17.00 WIB, kegiatan psikoedukasi kepada perwakilan para remaja Dusun Sabrang mengenai kecanduan gadget pasca pembelajaran daring, bertempat di ruangan kelas KB Parikesit Sabrang.

Kegiatan edukasi Kecanduan Gadget ini sangat menarik, terlihat dari antusias 20 peserta yang hadir dalam kesempatan ini. Peserta merupakan anak-anak dan remaja dari SD, SMP dan SMA, dari peserta yang hadir dominan masih sekolah di jenjang SMP. Meskipun di Desa, hampir semua peserta sudah menggunakan gadget (gawai/HP) dan terbiasa menggunakannya seperti anak-anak pada umumnya. Ini salah satu pertimbangan dari tim KKN kelompok 9 yang diketua oleh Jhayus Andrianto (mahasiswa Psikolog kampus 3 UMBY) untuk memberikan edukasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.