Kabar potensi badai dahsyat akan menyerang Jabodetabek Rabu, 28/12/2022 ramai diperbincangkan

Kabar mengenai potensi badai dahsyat yang akan menyerang Jabodetabek pada 28 Desember 2022 sedang ramai diperbincangkan

“Kabar mengenai potensi badai dahsyat yang akan menyerang Jabodetabek pada 28 Desember 2022 sedang ramai diperbincangkan” atau “Potensi badai dahsyat yang akan menyerang Jabodetabek pada 28 Desember 2022 menjadi perhatian banyak orang.”

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan potensi badai ekstrem hingga terjadinya banjir di kawasan Jabodetabek, khususnya Tangerang, Banten, pada Rabu, 28 Desember 2022. Peringatan Badai , besok Rabu 28 Desember 2022 di Jabodetabek – khususnya Jakarta, Bekasi & Banten (sumber : BRIN). via @HeryFTanjung.

Erma Yulihastin, seorang peneliti klimatologi di Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional, memperingatkan bahwa banjir besar akan terjadi di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akibat cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan. Dia menyatakan hal tersebut di akun Twitternya pada Selasa (27/12/2022) dengan menyebutkan “Potensi Banjir Besar Jabodetabek.” Erma menyarankan agar orang-orang yang tinggal di Jabodetabek, terutama Tangerang atau Banten, mempersiapkan diri untuk menghadapi hujan ekstrem dan badai yang akan terjadi pada 28 Desember 2022.

Menurut Erma, badai tersebut berasal dari laut dan akan dipindahkan ke darat melalui dua jalur, yaitu angin barat yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst) dan angin utara yang kuat (northerly, CENS). Ia menyatakan bahwa pusat serangan badai akan terjadi di Banten, Jakarta, dan Bekasi.

Erma juga menyatakan bahwa konvergensi (area berkumpulnya massa udara yang memicu kenaikan suhu dan membentuk awan hujan) akan terjadi secara masif di darat, sehingga hujan persisten akan terjadi pada 28 Desember 2022 dan akan menyebar ke wilayah lain di Jawa Barat. Prediksi Erma didasarkan pada data dari Sistem Early Warning Satellite.

Info di Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *