Hari Jadi Ke-192 Kabupaten Bantul dan Bantul Creative Expo 2023

Hari Jadi Ke-192 Kabupaten Bantul dan Bantul Creative Expo 2023

Bantul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, bersiap merayakan Hari Jadi Ke-192 dengan rangkaian acara yang istimewa. Sebagai bagian dari perayaan tersebut, kirab budaya akan diadakan pada hari Minggu, 23 Juli 2023. Masyarakat Bantul diundang untuk hadir dan meriahkan acara ini.

Setiap tanggal 20 Juli, Kabupaten Bantul memperingati Hari Jadi Kabupaten dengan penuh makna. Selain itu, tanggal ini juga memiliki nilai simbolis dalam sejarah kepahlawanan dan kekeramatan, karena pada tanggal 20 Juli 1825, Perang Diponegoro dimulai.

Menjelang Hari Ulang Tahun Ke-192 Kabupaten Bantul yang jatuh pada tanggal 20 Juli mendatang, Pemerintah Kabupaten Bantul telah mempersiapkan rangkaian acara yang berbeda dari tahun sebelumnya. Asisten III Sekretariat Daerah Bantul, Pulung Haryadi, selaku Ketua I Panitia HUT Kabupaten Bantul, mengungkapkan bahwa beberapa acara HUT telah dilaksanakan sebelumnya, seperti ziarah kubur dan silaturahmi kepada bupati sebelumnya. Acara ini akan dimulai dengan launching pada Kamis, 20 Juli, dan mencapai puncaknya pada Minggu, 23 Juli.

“Rangkaian acara kali ini akan berbeda dari tahun sebelumnya. Acara-acara yang sebelumnya dilakukan secara bersamaan, kali ini akan dipecah menjadi dua bagian. Yang pertama pada Kamis, 20 Juli pukul 09.00, dan yang kedua pada Minggu, 23 Juli. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan adalah lomba kebersihan dan olahraga oleh seluruh OPD dan BUMD, sebagai wujud cinta terhadap Bantul,” jelas Pulung.

Lomba kebersihan ini bertujuan sebagai pengingat dan contoh bagi masyarakat Bantul agar senantiasa menjaga kebersihan. Selain itu, akan ada perlombaan peragaan busana yang terbuka untuk semua kalangan masyarakat, baik para desainer maupun pengrajin yang sering menghasilkan ide atau model batik baru bagi generasi muda.

Selain itu, pada Jumat malam, 7 Juli, akan diselenggarakan sarasehan yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dalam membangun kabupaten ke depan. Acara juga akan diakhiri dengan doa bersama di area cikal bakal Bantul.

Sebelum mencapai acara puncak HUT, akan ada penampilan tari kolosal yang melibatkan penari dari masyarakat pada Kamis, 20 Juli mendatang. Acara ini akan ditutup dengan kirab budaya pada Minggu, 23 Juli pukul 09.00, dimulai dari Halaman Rumah Dinas Bupati, Desa Trirenggo, menuju Halaman Kantor Bupati Komplek Parasamya.

Rute kirab pada tanggal 23 Juli dimulai dari Lapangan Trirenggo dan berakhir di Lapangan Paseban. Selamat kepada warga Bantul dan sekitarnya! Selain itu, kami juga ingin mengumumkan bahwa Bantul Creative Expo akan kembali digelar pada tanggal 27 Juli 2023 hingga 6 Agustus 2023 di Pasar Seni Gabusan, Bantul. Acara ini akan menampilkan berbagai produk unggulan dari Bantul serta hiburan menarik selama 11 hari.

Jangan lewatkan momen spesial dalam rangka Hari Jadi Ke-192 Kabupaten Bantul dan Bantul Creative Expo 2023. Mari berpartisipasi dan merayakan bersama komunitas Bantul yang kreatif dan berbakat!

Untuk informasi lebih lanjut tentang acara-acara yang akan diadakan, silakan kunjungi website resmi Pemerintah Kabupaten Bantul dan media sosial terkait.

Loading

Leave Your Comment