Melihat Kereta Api Meliuk-liuk di Kelok Mertan View

Melihat Kereta Api Meliuk-liuk di Kelok Mertan View

Melihat Kereta Api Berbelok-Belok di Kelok Mertan View. Kelok Mertan View merupakan lokasi yang terkenal untuk menikmati pemandangan kereta api yang berkelok-kelok. Terletak di Kalurahan Sukoreno, Sentolo, Kulon Progo, tempat ini baru-baru ini menjadi viral di media sosial karena keindahan alamnya. Selain itu, Kelok Mertan View juga menjadi tempat favorit untuk menikmati aktivitas melihat kereta api yang melintas.

Akses menuju Kelok Mertan View bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua. Bagi penumpang kereta api, Kelok Mertan berada di antara Stasiun Wates dan Stasiun Sentolo, yang dapat menjadi pilihan untuk menikmati pemandangan dari atas kereta.

Menurut informasi dari situs web Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Keindahan Kelok Mertan Sentolo juga menarik perhatian turis asing. Jalur kereta api di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menjadi viral karena letaknya yang unik dan menarik bagi para penggemar kereta api atau railfans. Dikenal sebagai Kelok Mertan View, spot ini terletak di antara rel kereta api yang berliku-liku dengan panorama alam yang indah di sekitarnya.

Lokasi Kelok Mertan View berada di Dusun Mertan, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kulon Progo. Dari pusat Kota Jogja, jarak tempuhnya sekitar 20 km atau sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Lokasi ini juga bisa diakses dengan Mobil masuk sekitar 1 km dari Jl Wates dekat dengan Lapangan Mbanyak Desa Sukoreno.

Seperti namanya, Kelok Mertan View menawarkan pemandangan rel kereta api yang berkelok-kelok. Ada setidaknya dua kelokan besar yang mengelilingi lokasi ini. “Kami memberi nama tempat ini Kelok Mertan View karena adanya jalur kereta api yang berliku-liku,” kata Satria Jatu Nugroho, salah seorang yang terlibat dalam pengembangan tempat ini.

Satria menjelaskan bahwa kelokan tersebut telah menarik perhatian para railfans, yang banyak datang untuk mengambil foto atau video saat kereta api melintas di sini. Terlebih lagi, saat cuaca cerah, pemandangan menjadi lebih menakjubkan dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Merapi.

“Ketika cuaca cerah, kita bisa melihat Gunung Merbabu dan Merapi dari sini, baik pada pagi maupun sore hari. Dan dengan menggunakan drone, kita bahkan dapat melihat Gunung Sumbing dari sini,” katanya.

Kelok Mertan View tidak hanya menarik railfans, tetapi juga menarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik dengan keindahan alam sekitarnya. “Kami sudah menerima banyak pengunjung, termasuk wisatawan dari Belanda, Jerman, dan Singapura. Mereka terpesona dengan pemandangan yang ditawarkan di sini,” tambahnya.

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh seorang wisatawan asal Republik Ceko bernama Irena, yang menemukan Kelok Mertan View sangat menarik dan unik, hal yang belum pernah ia temui di negaranya. Irena datang ke sini bersama saudara laki-lakinya yang sedang menulis buku tentang kehidupan masyarakat di Jawa.

Video Kereta Api lewat di Kelok Mertan View

Selain itu, seorang railfans asal Bantul, @NunuKereta, menganggap Kelok Mertan View sebagai tempat yang unik untuk mengambil gambar kereta api yang melintas. Keunikannya terletak pada jalur kereta yang berkelok-kelok, memungkinkan pengambilan gambar yang spektakuler. “Spot ini keren karena jalurnya berliku-liku seperti huruf S, sehingga ketika kereta melintas di sini, kecepatannya melambat, membuatnya sempurna untuk difoto atau difilmkan. Apalagi jika ada dua kereta yang berpapasan di jalur ganda,” ujar Nunu.

Loading

Leave Your Comment