Dishub Bantul: Meninjau Rute Bus Sekolah Bantul-Sedayu untuk Meningkatkan Akses Transportas

Dishub Bantul: Meninjau Rute Bus Sekolah Bantul-Sedayu untuk Meningkatkan Akses Transportas

Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul akan melaksanakan survei terkait jalur bus sekolah yang menghubungkan Bantul dengan Sedayu dalam pekan ini. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mengimplementasikan rencana penyelenggaraan bus sekolah di Kabupaten Bantul.

Toto Pamudji Rahardjo, Kepala Bidang Angkutan Dishub Bantul, menjelaskan bahwa pihaknya akan segera mengevaluasi waktu tempuh, pemetaan titik pemberhentian, dan estimasi jumlah penumpang yang akan menggunakan bus sekolah di jalur Bantul-Sedayu.

Rencananya, akan ada tiga unit bus dengan kapasitas sekitar 25-30 orang yang akan beroperasi di jalur tersebut. “Kami akan melakukan survei terhadap jalur tersebut karena keterbatasan armada yang kami miliki. Kami memberikan prioritas pada jalur Bantul-Sedayu,” ungkap Toto pada Rabu (21/2).

Toto menekankan bahwa jalur ini menjadi prioritas karena saat ini tidak terdapat transportasi umum yang beroperasi di sana. Langkah ini juga merupakan tindak lanjut dari rekomendasi penyelenggaraan bus sekolah pada tahun 2023.

baca Juga : 846 Personel Tim Gabungan Amankan Mudik-Balik 2023 di Bantul

Dishub Bantul memfokuskan upayanya pada Kapanewon Sedayu dan Bantul sebagai prioritas. “Kami akan memfasilitasi kedua lokasi tersebut secara langsung,” tambahnya.

Pada tahun 2023, Dishub Bantul telah merencanakan penyelenggaraan bus sekolah di Bumi Projotamansari, dengan jalur yang meliputi Sedayu, Imogiri, dan Bantul. Namun, karena keterbatasan armada, jalur Imogiri-Bantul belum dapat direalisasikan.

Sebelumnya, Dishub Bantul telah mengajukan permohonan penambahan armada bus sekolah ke Kementerian Perhubungan, namun hingga kini belum ada kejelasan mengenai hal tersebut.

Toto berharap bahwa jika permohonan tersebut disetujui, armada baru tersebut akan digunakan untuk jalur Imogiri-Bantul. “Kami berharap bahwa pada tahun 2025, usulan tersebut dapat direalisasikan,” ungkapnya.

Rencana operasional bus sekolah ini telah disampaikan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul serta Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Bantul.

Isdarmoko, Kepala Disdikpora Bantul, menyambut baik rencana Dishub Bantul terkait pengadaan bus sekolah. Ini karena kendala transportasi menjadi salah satu masalah utama bagi para pelajar, terutama mereka yang masih berusia SMP dan belum memenuhi syarat untuk mengendarai kendaraan sendiri.

Kendala ini terutama dirasakan ketika orangtua tidak dapat sepenuhnya mengantar jemput anak mereka dan tidak ada transportasi umum yang tersedia. Meskipun Disdikpora Bantul telah mendorong penggunaan sepeda untuk sekolah, namun minat pelajar terhadap hal tersebut kini menurun.

Isdarmoko juga menyoroti penurunan layanan angkutan umum di Bantul, yang mengakibatkan kekhawatiran akan keamanan dan keselamatan pelajar dalam beraktivitas di jalan raya.

Info via : https://radarjogja.jawapos.com/bantul/654204843/dishub-bantul-akan-survei-jalur-bus-sekolah-rute-bantul-sedayu

Loading

Leave Your Comment