Pemkab Bantul Launching Bantul Online Shop (BOS) untuk UMKM

Dalam rangka implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik SPBE dan guna mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, Pemerintah Kab. Bantul meluncurkan Aplikasi Bantul Online Shop (BOS) dan Bantul Command Center (BCC) bertempat di Bantul Command Center, lantai 3 Diskominfo Kab. Bantul pada hari ini, Selasa tanggal 22/02/2022.

Dalam kegiatan ini selaku penyelenggara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. Fenty Yusdayati, M.T. di laporannya menyampaikan launching Aplikasi Bantul Online Shop ini dilaksanakan untuk membantu pelaku UMKM Bantul dalam memasarkan produknya.

“Bantul Online Shop merupakan aplikasi resmi dari Pemerintah Kabupaten Bantul yang bekerjasama dengan PT. Bank BPD DIY. Bantul Online Shop lahir sebagai inovasi dalam upaya memecahkan permasalahan ekonomi di tengah pandemi,” ucapnya.

Fenty Yusdayati menambahkan selain Bantul Online Shop, pada kegiatan kali ini juga melaunching Bantul Command Center yang menjadi salah satu inovasi Pemerintah Kabupaten Bantul dalam hal pelayanan publik. Selain itu, Bantul Command Center juga merupakan salah satu kunci penting dalam upaya Pemerintah Kabupaten Bantul untuk mewujudkan Bantul Smart City.

Bantul Command Center memiliki dua fungsi utama untuk menyempurnakan pelayanan publik ke luar dan untuk mempermudah pelayanan ke dalam terkait hal manajemen pengambilan keputusan.

Terkait Aplikasi Bantul Online Shop yang merupakan Program CSR dari BPD DIY, Hetty Nikotyastuti, S.E, MM selaku pimpinan cabang BPD Bantul menyampaikan Bantul Online Shop merupakan sebuah upaya untuk menggerakan perekonomian di daerah.

Pengembangan “Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama dari beberapa OPD terkait dengan tujuan agar UMKM di Bantul dapat dibantu perekonomiannya. Salah satu keunggulannya yaitu sudah menggunakan QRIS sebagai metode pembayarannya. Saya berharap aplikasi Bantul Online Shop bisa membesarkan umkm lebih baik dari tahun – tahun berikutnya,”ujarnya.

Menyambut baik Launching Aplikasi Bantul Online Shop dan Bantul Command Center Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan launching ini sesuai dengan misi Kabupaten Bantul dalam memberikan pelayanan publik prima kepada masyarakat.

“Sesuai dengan misi Kab Bantul yaitu penguatan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang efektif efisien, bersih, dan akuntabel serta menghadirkan pelayanan publik prima. Kita harus terus menyempurnakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), juga menguatkan sistem smart city. Launching Aplikasi Bantul Online Shop dan Bantul Command Center merupakan implementasi dari penyempurnaan SPBE,” ucapnya.

Bupati Kab. Bantul berpesan kepada seluruh ASN di Bantul untuk menyesusaikan diri terhadap kemajuan tekhnologi guna memberikan pelayanan prima agar tercapai kesejahteraan masyarakat Bantul.

Leave a Reply

Your email address will not be published.