Stasiun Rewulu masih jadi Tempat Favorit Nonton Kereta Api

Stasiun Rewulu masih jadi Tempat Favorit Nonton Kereta Api

Stasiun Rewulu yang ada di Argomulyo Sedayu Bantul adalah satu satunya stasiun kereta yang masih eksis di wilayah Kapanewon (Kecamatan) Sedayu, Bantul. Ada puluhaan kereta api melintas di stasiun ini, di jalur selatan Jawa ini setiap harinya. Meski saat ini (2023) Stasiun Rewulu belum jadi stasiun naik/turun penumpang, banayk kereta api yang lewat depan stasiun ini.

Sekilas Stasiun Rewulu

Stasiun Rewulu adalah sebuah stasiun kereta api barang kelas I yang terletak di Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Indonesia. Stasiun ini terletak pada ketinggian +88 meter di atas permukaan laut. Stasiun Rewulu merupakan bagian dari Daerah Operasi VI Yogyakarta, yang mencakup wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagian wilayah Provinsi Jawa Tengah. Stasiun ini melayani transportasi barang, seperti angkutan pupuk, bahan bangunan, dan sebagainya.

Di Stasiun Rewulu, terdapat 3 Kereta Api (KA) barang BBM dengan detail 1 KA dari Cilacap membawa BBM jenis avtur, dan 2 KA (1 KA tambahan) menuju Madiun membawa BBM jenis solar dan premium. Di masa lalu, terdapat Stasiun Sedayu di sebelah barat stasiun ini, sebelum mencapai Stasiun Sentolo. Namun, saat ini stasiun tersebut telah dihancurkan untuk pembangunan jalur ganda. Saat ini, hanya rumah dinas pegawai yang tersisa di stasiun tersebut. Kereta Pertamina yang masuk Depo Pertamina biasanya Kereta Minyak Pertamina gerbong kereta cukup panjang, saat pagi hari ada kemungkinan ketemu bongkar muat BBM.

Suasana Pagi Stasiun Rewulu

Minggu Pagi ini 2 April 2023 kali ini, tim Sedayu.net berkesempatan menyambangi stasiun Rewulu ini yang tidak jauh akses dari Jl. Wates km 10 Yogyakarta. Minggu pagi yang cerah yang mendukung jadikan Stasiun Rewulu jadi tempat yang ramai dan asik buat nonton (Hunting kereta api). Beberapa Spot yang bagus di dekat stasiun rewulu adalah di Sebelah Timur Stasiun atau sisi barat Stasiun. Umumnya anak-anak yang sering main disini, baik anak usia sekolah Dsara taua juga anak kecil dengan orang tua-nya.

Obrolan dengan salah satu anak yang mengujungi dan bermain menonton kereta api di Stasiun Rewulu ini, ada Dimas, Aji, Zaki dan kawan-kawannya. Anak-anak ini berasal dari Padukuhan Srontakan Argomulyo, sekitar 2 km dari lokasi ini. tepatnya di sebelah barat Stasiun Rewulu ini. Saat musim ramahdan 2023 ini, dia dan kawan-kawannya sering sekali main kesini untuk melihat kereta di stasiun ini. Saking hafalnya dengan kereta yang lewat, dia dan kawan-kawannya hafal sekali nama-nama kereta yang lewat, sehingga dari Lokomotif yang telihat saja bisa menebak apa kereta yang akan lewat kali ini.

Baca Juga : Mogok di Perlintasan (Patukan-Rewulu) Dump Truk tersambar Kereta Api

Selain Pagi hari, sore hari setelah ashar kira-kira jam 4-5 sore juga ramai di Stasiun ini informasi dari Dimas yang hampir tiap hari main di Stasiun ini selamat Ramadhan ini.

Banyak Kereta Lewat Stasiun Rewulu

Suasana pagi hari Stasiun Rewulu, Saat pagi hari sekitar jam 6 hingga jam 7 pagi ada beberapa kereta yang terjawadwal lewat distasiun ini antara lain :

  1. Kereta Pertamina (kereta pembawa BBM) yang sambung-mneyambung dan masuk ke Depo Pertamina Rewulu
  2. Kereta Bandara
  3. Ketera Api Jogja – Solo
  4. Kereta Api Progo
  5. Kereta Bogowonto
  6. Kereta Kahuripan
  7. Kereta Barang /Kereta Batu bara dari arah barat

Masih banyak kereta lain yang lewat Stasiun ini sesuai dengan jadwalnya masing-masing, termasuk kereta Eksekutif : Taksaka, Argo bromo, Argo lawu, dll.

Loading

Leave Your Comment