Bupati Bantul serahkan Alat mesin pertanian panen padi Combine Harvester

Bupati Bantul serahkan Alat mesin pertanian panen padi Combine Harvester

Dikutip dari pemkan bantul, Sektor pertanian masih menjadi sektor unggulan dan prioritas di Kabupaten Bantul di samping sektor industri dan pariwisata. Menyadari besarnya potensi dari sektor pertanian inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Bantul untuk terus memajukan sektor pertanian. Salah satunya dengan pengarahan dan penyerahan alat mesin pertanian panen padi (Combine Harvester).

Salah satu Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang dipilih untuk mendapatkan alat ini adalah Gapoktan Tani Mukti. Penyerahan ini dilakukan langsung oleh Abdul Halim Muslih selaku Bupati Bantul di Balai Pertemuan Kalurahan Panjangrejo, Pundong, Bantul pada Rabu (5/4/2023).

Baca juga : 212 PNS Dilantik, Bupati Berpesan Harus Jadi Agen Perubahan

Ketua Gapoktan Tani Mukti, Muhammad Mafud, mengucapkan terima kasih atas Combine Harvester yang diberikan. Ia berharap alat ini betul-betul dapat menggenjot hasil panen padi yang ditanam di Panjangrejo. Sebelumnya, Mafud juga sempat membeberkan bagaimana kondisi pertanian di Panjangrejo. Baik itu dari hasil panen hingga kendala-kendala yang dihadapi ketika musim hujan maupun musim kemarau.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengingatkan kepada para petani bahwa alat Combine Harvester ini salah satu contoh nyata, bahwa inovasi dan perkembangan teknologi dapat membantu mengangkat sektor pertanian. Sektor pertanian, sebagaimana sektor yang lain, perlu sentuhan teknologi anyar untuk meningkatkan produktivitas mengingat kondisi zaman sekarang dan dulu jauh berbeda. Maka, para petani harus melek dan tidak boleh menutup diri akan ilmu pengetahuan yang terus berkembang.

Baca juga : Pasar Murah 4-14 April 2023 – Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan DIY

Pengertian Combine Harvester

Combine Harvester adalah sebuah mesin pertanian yang digunakan untuk melakukan beberapa tahapan panen tanaman dalam satu proses yang terintegrasi. Mesin ini biasanya digunakan untuk menggulung, memisahkan, dan membersihkan hasil panen secara otomatis dari tanaman seperti padi, gandum, jagung, kedelai, dan tanaman biji-bijian lainnya.

Combine Harvester bekerja dengan cara memotong batang tanaman, menggulung tangkai tanaman, memisahkan biji atau butiran hasil panen dari batang dan daun, serta mengumpulkan hasil panen dalam bak atau tangki. Beberapa Combine Harvester modern juga dilengkapi dengan teknologi canggih, seperti sensor untuk mengatur tingkat kelembaban dan kualitas hasil panen, serta sistem GPS untuk membantu petani mengatur pola panen yang efisien.

Penggunaan Combine Harvester telah menggantikan proses panen secara manual atau menggunakan mesin-mesin terpisah seperti mesin pemotong padi, penggulung tangkai, mesin pemisah biji, dan mesin pengumpul hasil panen. Dengan penggunaan Combine Harvester, proses panen dapat dilakukan lebih cepat, efisien, dan akurat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan hasil panen petani.

Loading

Leave Your Comment